ANALISIS KEPUASAAN PELANGGAN PADA LAYANAN JUAL BELI ONLINE SHOPEE

Raya, Prisca Iresti Sili Ina (2024) ANALISIS KEPUASAAN PELANGGAN PADA LAYANAN JUAL BELI ONLINE SHOPEE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Prisca Iresti Sili Ina Raya)
200907396_copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasaan pelanggan pada layanan jual beli online Shopee berdasarkan faktor-faktor kepuasaan pelanggan pada e-commerce. Kepuasaan pelanggan merupakan kunci kesuksesan jangka panjang bagi kelangsungan bisnis perusahaan. Pelanggan yang merasa puas cenderung lebih tinggi menjadi pelanggan setia, merekomendasikan produk pada orang lain hingga memberikan ulasan yang baik dan positif. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor kepuasaan pada e-commerce yakni design platform, keamanan, informasi, metode pembayaran, kualitas pelayanan, kualitas produk, variasi produk, layanan pengirman pada pelanggan Shopee. Faktor design platform dan informasi erat kaitannya dengan kajian komunikasi dibandingkan 6 faktor lainnya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Skala dalam penelitian ini menggunkan skala likert dan menggunakan teknik statistik deskriptif agar dapat mengetahui kategori skala interval likert yang di lihat dari nilai mean. Hasil dari analisis data diketahui bahwa faktor metode pembayaran memiliki nilai mean terttinggi yakni 4,53, layanan pengiriman 4,34, variasi produk 4,30, kemananan 4,18, informasi 4,18, design platform 4,15, kualitas pelayanan 4,10, dan kualitas prosuk 4,04.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kepuasaan pelanggan, Shopee
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Jun 2024 18:09
Last Modified: 21 Jun 2024 18:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31856

Actions (login required)

View Item View Item