BENTUK KOMODIFIKASI PADA GRUP IDOLA JKT48 (Melalui Perspektif Ekonomi Politik Komunikasi)

Nanga, Fransisco Laverna Narwastu (2024) BENTUK KOMODIFIKASI PADA GRUP IDOLA JKT48 (Melalui Perspektif Ekonomi Politik Komunikasi). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Fransisco Laverna Narwastu Nanga)
200907397_copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kehadiran grup idola JKT48 di Indonesia menjadi fenomena yang unik. Hal ini dimanfaatkan JKT48 untuk berbisnis dan meraih keuntungan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai bentuk-bentuk komodifikasi yang dilakukan JKT48, menggunakan pendekatan ekonomi politik komunikasi. Dengan menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif, dan menggunakan dokumentasi berupa informasi-informasi yang diunggah pada media-media berita, maupun media sosial sebagai teknik temuan data. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat beberapa bentuk komodifikasi yang terjadi pada JKT48. Komodifikasi tersebut terbagi dalam tiga bagian yaitu, komodifikasi konten, pekerja, dan khalayak yang mendominasi dari ketiganya, sesuai dengan perspektif ekonomi politik komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ekonomi politik komunikasi, grup idola, jkt48, komodifikasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 24 Jun 2024 16:50
Last Modified: 24 Jun 2024 16:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31860

Actions (login required)

View Item View Item