PERANCANGAN JEMBATAN KALI KEJI

SILALAHI, JAMIDEN FERNANDO E (2009) PERANCANGAN JEMBATAN KALI KEJI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS10583.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS10583.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS10583.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS10583.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (Bab III)
3TS10583.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS10583.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Jembatan yang menghubungkan wilayah Kalibawang dan Samigaluh ini dibangun pada tahun 1980 dengan menggunakan tipe rangka Warren Truss. Lebar jalur lalu lintas yang hanya 6 meter membuat terasa kurang nyaman dan kurang aman bila berpapasan dengan kendaraan lain, terutama bila berpapasan dengan truk-truk pengangkut hasil bumi dan hasil kerajinan tangan. Untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengguna jalan serta memperlancar arus lalu lintas maka diperlukan perbaikan dan peningkatan jembatan. Hasil perancangan adalah peningkatan lebar jalur lalu lintas dari 5 m menjadi 7 m. Gelagar utama menggunakan beton prategang berprofil I (Prestressed Concrete I-Girder) dengan tinggi gelagar 1600 mm. Sistem prategangan yang digunakan adalah sistem post-tensioned (paska tarik) dengan tendon bersifat bonded (terlekat) dimana selubung tendon diisi dengan material grouting. Jenis kabel baja prategang yang digunakan adalah seven wire strand dengan diameter nominal 12,70 mm dan luasan penampang 98,71 mm2. Digunakan strand sebanyak 36 buah yang dibagi dalam 4 tendon dengan masingmasing tendon berisi 9 strand. Pelat lantai kendaraan menggunakan sistem pelat dua arah (x dan y) dengan ketebalan pelat total 270 mm. Digunakan tulangan D16-200 untuk penulangan arah x dan D13-200 untuk penulangan arah y. Abutment dirancang untuk dapat menahan beban struktur atas jembatan dan beban akibat tekanan tanah. Selain untuk menumpu jembatan, abutment juga berfungsi sebagai dinding penahan tanah. Untuk penulangan kepala abutment digunakan tulangan D18 – 200 sebagai tulangan vertikal dan tulangan D14 – 200 sebagai tulangan horisontal. Untuk penulangan badan abutment digunakan tulangan D20 – 200 sebagai tulangan vertikal dan tulangan D14 – 200 sebagai tulangan horisontal. Untuk penulangan poer (footing) digunakan tulangan D22 – 100 sebagai tulangan pokok dan tulangan D22 – 100 sebagai tulangan bagi. Fondasi abutment dirancang menggunakan fondasi tiang dengan diameter 0,8 m. Untuk mendukung beban struktur atas jembatan dan berat sendiri abutment digunakan 10 tiang fondasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestressed Concrete I-Girder, post-tensioned, tendon, bonded, strand, pelat lantai, abutment, poer (footing), fondasi tiang
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jul 2013 09:21
Last Modified: 18 Jul 2013 09:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3189

Actions (login required)

View Item View Item