PERANCANGAN TAMAN WISATA KULINER SARLONDHO, DESA CANDIREJO, KECAMATAN MAGETAN, KABUPATEN MAGETAN, JAWA TIMUR

Indrasena, Antonius Yudhistira (2024) PERANCANGAN TAMAN WISATA KULINER SARLONDHO, DESA CANDIREJO, KECAMATAN MAGETAN, KABUPATEN MAGETAN, JAWA TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Antonius Yudhistira Indrasena)
200118143_Bab 0.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200118143_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
200118143_Bab 2.pdf

Download (954kB) | Preview
[img] Text
200118143_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
200118143_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
200118143_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Keanekaragaman kekhasan yang dimiliki setiap daerah di Indonesia menjadi daya tarik pariwisata bagi masyarakat dalam negeri maupun mancanegara. Kabupaten Magetan juga memiliki potensi dari keanekaragaman jenis makanan khas. Desa Candirejo di Kabupaten Magetan memiliki potensi berupa makanan khas yaitu jenang candi dan home industry sandal kulit. Desa Candirejo juga memiliki taman wisata Sarlondho yang di dalamnya terdapat area kuliner yang menyuguhkan berbagai macam makanan khas Magetan. Namun, area ini belum sepenuhnya dimaksimalkan baik dari segi perancangan ruang luar maupun penataan lanskap. Area kuliner yang penataannya membuat pengunjung tidak dapat menikmati keindahan view persawahan sekitar. Area stan makanan yang didesain dengan gaya konvensional kurang harmonis dengan bangunan lainnya. Aksesibilitas antara area di dalam tapak juga kurang terintegrasi dengan baik. Menanggapi fenomena tersebut, diperlukan perancangan ruang luar dan penataan lanskap yang memperhatikan aksesibilitas dan efisiensi tapak serta penggunaan unsur tradisional. Oleh karena itu, pendekatan arsitektur kontekstual diharapkan dapat mencapai tujuan tersebut. Perancangan ini diharapkan dapat menghasilkan area kuliner tradisional di Taman Wisata Kuliner Sarlondho, Desa Candirejo yang rekreatif, dan mempertahankan unsur lokal melalui penataan lanskap dan perancangan ruang luar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kuliner khas Magetan, penataan lanskap, perancangan ruang luar, elemen lokal, arsitektur kontekstual
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 27 Jun 2024 15:48
Last Modified: 27 Jun 2024 15:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31930

Actions (login required)

View Item View Item