HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KESERINGAN MENGAKSES AKUN @JOGJACULINARY DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM MEMPEROLEH INFORMASI TENTANG KULINER

Waruwu, Septiana Rebeka (2017) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KESERINGAN MENGAKSES AKUN @JOGJACULINARY DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM MEMPEROLEH INFORMASI TENTANG KULINER. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Septiana Rebeka Waruwu)
120904752.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)

Abstract

Media massa telah berubah begitu banyak, dari yang tadinya cetak berkembang menjadi elektronik. Pada perkembangan ini muncul istilah New Media, pada era ini media sosial sebagai hasil inovasi dari internet menjadi salah satu pilihan media yang menarik bagi masyarakat terutama media sosial instagram. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara tingkat keseringan mengakses akun @jogjaculinary dengan kepuasan mahasiswa dalam memperoleh informasi tentang kuliner. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification untuk melihat kepuasan khalayak serta motivasi dalam penggunaan media. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei dengan menggunakan kuisioner, kemudian peneliti memilih subjek penelitian yaitu followers akun @jogjaculinary yang berstatus sebagai mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara tingkat keseringan mengakses akun @jogjaculinary (X) dengan kepuasan mahasiswa dalam memperoleh informasi tentang kuliner (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,431. Kemudian, ada hubungan antara motivasi untuk memperoleh informasi tentang kuliner (A) dengan tingkat keseringan mengakses akun @jogjaculinary (X) dengan koefisien korelasi sebesar 0,468. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi yang kuat dapat mendorong tingkat keseringan seseorang untuk mengakses akun kuliner instagram @jogjaculinary sehingga terdapat kepuasan yang dirasakan oleh pengguna media dalam memenuhi kebutuhan informasi tentang kuliner.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media baru, instagram, uses and gratification
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Jul 2024 16:12
Last Modified: 03 Jul 2024 16:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31967

Actions (login required)

View Item View Item