FAKTOR-FAKTOR FISIK YANG MEMBENTUK PERSEPSI MASYARAKAT KUDUS MENGENAI IDENTITAS KABUPATEN KOTA KUDUS SEBAGAI KOTA KRETEK

Kristianty , Tities Okta Vianingrum (2013) FAKTOR-FAKTOR FISIK YANG MEMBENTUK PERSEPSI MASYARAKAT KUDUS MENGENAI IDENTITAS KABUPATEN KOTA KUDUS SEBAGAI KOTA KRETEK. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03515.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03515.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03515.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03515.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03515.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu fungsi dari Public Relations adalah melakukan tugasnya dalam memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum yang disampaikan oleh publik. Sehingga dalam penelitian ini, seorang Public Relations ingin melihat bagaimana persepsi yang dibentuk oleh publik khususnya masyarakat Kudus, mengenai identitas Kabupaten Kota Kudus, sebagai Kota Kretek. Hal ini dilakukan karena timbulnya suatu persepsi mengenai identitas kota tersebut, secara tidak langsung menunjukkan adanya pemahaman masyarakat akan karakter dari kota Kudus yang disebut sebagai kota Kretek. Identitas kota Kudus yang disebut sebagai kota Kretek, memicu seseorang untuk memberikan image pada kota tersebut. Hal ini diyakini oleh Dowling(1994:123) dapat terjadi, karena adanya identitas visual yang diwujudkan dengan labelling (penamaan), logo dan simbol serta komunikasi makna dari simbol visual yang dimiliki oleh suatu kota. Sesuai dengan pernyataan Lynch (dalam Purwanto,2001:88), bahwa terdapat komponen utama sebagai pembentuk identitas kota. Komponen tersebut yakni tatanan dan tampilan fisik serta makna yang terkait dengan pengalaman visual seseorang ketika berada di suatu tempat sehingga terbentuk gambaran visual (image) tentang tempat tersebut. Sehingga, penelitian ini lebih melihat pada faktor-faktor fisik apa saja yang mampu membentuk identitas Kabupaten Kota Kudus sebagai kota Kretek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan metode survei. Di samping itu penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster bertingkat pada masyarakat Kudus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif, analisis faktor dan juga analisis arithmatic mean. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa beberapa faktor dalam variabel labelling; memorability, appropriateness, unique dari logo dan simbol; serta faktor komunikasi makna mampu membentuk persepsi masyarakat Kudus. Faktor-faktor fisik dalam tiap variabel tersebut, dapat membentuk 8 faktor pembentuk persepsi masyarakat Kudus mengenai identitas kabupaten Kudus sebagai kota Kretek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Fisik, Identitas Kota, Persepsi Masyarakat
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jul 2013 10:29
Last Modified: 18 Jul 2013 10:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3200

Actions (login required)

View Item View Item