Kristianty , Tities Okta Vianingrum (2013) FAKTOR-FAKTOR FISIK YANG MEMBENTUK PERSEPSI MASYARAKAT KUDUS MENGENAI IDENTITAS KABUPATEN KOTA KUDUS SEBAGAI KOTA KRETEK. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03515.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03515.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03515.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03515.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03515.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Salah satu fungsi dari Public Relations adalah melakukan tugasnya dalam memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum yang disampaikan oleh publik. Sehingga dalam penelitian ini, seorang Public Relations ingin melihat bagaimana persepsi yang dibentuk oleh publik khususnya masyarakat Kudus, mengenai identitas Kabupaten Kota Kudus, sebagai Kota Kretek. Hal ini dilakukan karena timbulnya suatu persepsi mengenai identitas kota tersebut, secara tidak langsung menunjukkan adanya pemahaman masyarakat akan karakter dari kota Kudus yang disebut sebagai kota Kretek. Identitas kota Kudus yang disebut sebagai kota Kretek, memicu seseorang untuk memberikan image pada kota tersebut. Hal ini diyakini oleh Dowling(1994:123) dapat terjadi, karena adanya identitas visual yang diwujudkan dengan labelling (penamaan), logo dan simbol serta komunikasi makna dari simbol visual yang dimiliki oleh suatu kota. Sesuai dengan pernyataan Lynch (dalam Purwanto,2001:88), bahwa terdapat komponen utama sebagai pembentuk identitas kota. Komponen tersebut yakni tatanan dan tampilan fisik serta makna yang terkait dengan pengalaman visual seseorang ketika berada di suatu tempat sehingga terbentuk gambaran visual (image) tentang tempat tersebut. Sehingga, penelitian ini lebih melihat pada faktor-faktor fisik apa saja yang mampu membentuk identitas Kabupaten Kota Kudus sebagai kota Kretek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan metode survei. Di samping itu penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster bertingkat pada masyarakat Kudus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif, analisis faktor dan juga analisis arithmatic mean. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa beberapa faktor dalam variabel labelling; memorability, appropriateness, unique dari logo dan simbol; serta faktor komunikasi makna mampu membentuk persepsi masyarakat Kudus. Faktor-faktor fisik dalam tiap variabel tersebut, dapat membentuk 8 faktor pembentuk persepsi masyarakat Kudus mengenai identitas kabupaten Kudus sebagai kota Kretek.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor-Faktor Fisik, Identitas Kota, Persepsi Masyarakat |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 10:29 |
Last Modified: | 18 Jul 2013 10:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3200 |
Actions (login required)
View Item |