PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Estimasi Anggaran Biaya dan Schedulling Proyek Pembangunan Gedung Asrama Mahasiswa Sawang di Kota Banda Aceh)

Bintarto, Neissya Ananda (2022) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Estimasi Anggaran Biaya dan Schedulling Proyek Pembangunan Gedung Asrama Mahasiswa Sawang di Kota Banda Aceh). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Neissya Ananda Bintarto)
180217139_Bab 0.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180217139_Bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
180217139_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
180217139_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini sedang gencar dilaksanakan di berbagai wilayah. Infrastruktur merupakan roda penggerak bagi pertumbuhan ekonomi dan memiliki pengaruh penting dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Tersedianya infrastruktur yang memadai, mampu mendorong produktivitas, mobilitas serta akses pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur yang secara merata dapat menciptakan konektivitas yang kuat antarwilayah dan meminimalisir kesenjangan ekonomi. Tugas akhir ini disusun agar penulis dapat memenuhi tujuan dari latar belakang yakni mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan penulis dalam merancang setiap infrastruktur yang berkaitan dengan dunia Teknik Sipil. Gedung yang dirancang dalam praktik perancangan gedung ini adalah gedung kantor yang memiliki 3 lantai di kota Yogyakarta. Tahapan perancangan dimulai dari perancangan atap, tangga, pelat, balok, kolom, dan pondasi. Pemodelan bangunan gedung secara 3 dimensi dibantu oleh software Sanspro, SAP2000, dan Ikolat. Penggunaan software untuk mendapatkan gaya – gaya yang dihasilkan dari beban struktur yang telah dihitung dan dimasukkan ke dalam software. Perhitungan yang dilakukan memiliki fokus pada keamanan dari struktur bangunan dengan menggunakan angka aman untuk setiap perhitungan komponen struktur yang dirancang, sehingga menghasilkan kebutuhan profil – profil material yang akan dipakai dalam struktur gedung ini. Praktik perancangan jalan yang dilakukan berfokus pada survei volume lalu lintas, survei waktu tempuh, survei kerusakan jalan, survei kelengkapan jalan. Lokasi survei berada di Jalan Pramuka, kota Yogyakarta. Dalam survei, diperlukan pembatasan area untuk memfokuskan ruang lingkup permasalahan. Pembatasan area survei meliputi kelengkapan fasilitas jalan, kondisi lingkungan, dan kerusakan yang ditinjau sepanjang 100 m serta volume kendaraan dengan pembatasan sepanjang 27 m. Dari hasil survei dan analisis yang telah dilakukan, diperoleh volume kendaraan pada jam puncak, kecepatan kendaraan yg melintas, hubungan volume kendaraan dan kecepatan kendaraan, kerusakan jalan, dan kelengkapan fasilitas jalan. Pada perancangan bendung, dilakukan desain ulang terhadap Bendung Mrican. Tahapan perancangan dimulai dari pengumpulan data hujan dari setiap stasiun hujan yang dianalisis untuk menghitung curah hujan dan debit, perhitungan luas daerah aliran sungai, perhitungan setiap komponen struktur bendung. Dalam merancang ulang bendung, stabilitas bendung diperhitungkan agar aman dari faktor guling (overturning), angkat (uplift), geser (sliding), gempa. Perencanaan biaya dan waktu terhadap proyek pembangunan gedung Asrama Sawang Aceh meliputi perhitungan volume pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan MEP (Mechanical, Electrical, and Plumbing), analisis harga satuan, RAB (Rencana Anggaran Biaya), hingga penjadwalan proyek berupa kurva S. Tujuan dari rancangan anggaran biaya dan jadwal proyek yang telah disusun berguna untuk mengantisipasi pembengkakan biaya dan efektifitas waktu pelaksanaan proyek, sehingga pengawasan pada proyek mampu berjalan dengan baik. Hasil (output) dari perancangan gedung adalah berupa ukuran dimensi dari setiap elemen struktur, kebutuhan tulangan, profil baja yang digunakan untuk gording, dan keamanan struktur bangunan. Kesimpulan yang diperoleh dari perancangan jalan berupa volume kendaraan pada jam puncak, kecepatan kendaraan yang melintas, fasilitas kelengkapan di Jalan Pramuka, dan jenis kerusakan jalan yang terdapat di Jalan Pramuka. Dari perancangan bendung yang telah dilakukan, diperoleh dimensi dari setiap komponen bendung seperti pintu pembilas, kolam olak, saluran pengambilan, saluran pengendap, saluran induk serta

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur, Perancangan, Jalan, Gedung, Bendung, Biaya, Waktu
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Hidro
Sipil > Hidro

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Aug 2024 16:20
Last Modified: 02 Aug 2024 16:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32045

Actions (login required)

View Item View Item