Haryanto, Elvina Caesar (2024) PENGARUH INTENSITAS, VALENSI OPINI, DAN KONTEN PADA ELECTRONIC WORD OF MOUTH HMNS PERFUMERY TERHADAP KEPERCAYAAN FOLLOWERS @HMNS.ID DI INSTAGRAM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Elvina Caesar Haryanto)
170906208_Bab 0.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
170906208_Bab 1.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
170906208_Bab 2.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text
170906208_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
||
|
Text
170906208_Bab 4.pdf Download (877kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan hadirnya internet dan popularitas media sosial, konsumen cenderung mencari informasi produk dari sesama konsumen sebelum membuat keputusan pembelian. Pertukaran pengalaman positif maupun negatif dari mulut ke mulut yang terjadi pada sosial media disebut sebagai electronic word of mouth. Ketidaklengkapan informasi, perbedaan persepsi pembaca dan pemberi ulasan, dan ulasan negatif dapat menimbulkan turunnya rasa kepercayaan. Electronic word of mouth menunjukkan adanya dampak positif terhadap kepercayaan (Hirzianto et al., 2019). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh intensitas, valensi opini, dan konten pada Electronic Word of Mouth terhadap kepercayaan pada produk HMNS Perfumery pada kolom komentar Instagram @hmns.id. Teknik pengumpulan data mengunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 100 followers @hmns.id. Lebih lanjut, penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics Version 25 untuk mengolah data hasil kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari e-WOM terhadap kepercayaan dengan R Square sebesar 0,773 yang berarti variabel intensitas, valensi opini, dan konten secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 77,3% kepada variabel kepercayaan. Uji signifikansi menunjukkan angka < 0,05 yang berarti variabel intensitas, valensi opini, dan konten memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel kepercayaan secara stimultan atau secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic word of mouth, Instagram, Kepercayaan, HMNS Perfumery |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 17:32 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 17:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32073 |
Actions (login required)
View Item |