PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA BARISTA KEDAI KOPI SEKOPI RENON BALI)

Adiningrat, Nyoman Bagus Wichitakani Jayawarsa Wardhana (2024) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL BARISTA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA BARISTA KEDAI KOPI SEKOPI RENON BALI). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Nyoman Bagus Wichitakani Jayawarsa Wardhana Adiningrat)
180906604_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906604_Bab 1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906604_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906604_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
180906604_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam berlangsungnya bisnis usaha kedai kopi, keberadaan komunikasi interpersonal sangatlah penting, hal ini tidak lepas dari keberadaan seorang barista dalam berlangsungnya usaha bisnis ini. Seorang barista yang memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan para konsumennya menjadi salah satu faktor dalam menciptakan kepuasan konsumen yang dimiliki usaha kedai kopi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal barista dalam menciptakan kepuasan konsumen di kedai kopi Sekopi Renon Bali. Menurut Mulyana (2017), komunikasi interpersonal merupakan sebuah “aktivitas komunikasi antara orang-orang secara tatap muka yang dimana setiap pelakunya menangkap suatu reaksi orang lain atau lawan bicaranya secara langsung”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif serta penyajian bersifat deskriptif dengan sumber data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara wawancara mendalam dengan informan yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa peran komunikasi interpersonal seorang barista dalam sebuah usaha kedai kopi menjadi salah satu kunci dalam menciptakan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen yang diciptakan dalam hal ini adalah pada aspek kualitas pelayanan. Pada aspek kualitas pelayanan komunikasi menjadi salah satu alat bagi barista untuk melakukan interaksi kepada para konsumen yang dimana hal ini dapat menginformasikan sebuah informasi hingga menjadi jembatan bagi kedai kopi dengan para konsumennya atau sebaliknya. Kesadaran peran seorang barista sebagai peran aktif berdampak pada standarisasi sikap dan perilaku barista yang diharapkan oleh kedai kopi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran, Komunikasi Interpersonal, Barista, Kepuasan Pelanggan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 09 Aug 2024 16:18
Last Modified: 09 Aug 2024 16:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32108

Actions (login required)

View Item View Item