KALIBRADIO SEBAGAI WUJUD KAMPANYE KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL BROOKLAND COFFEE

Sudargo, Serafina Loveita (2024) KALIBRADIO SEBAGAI WUJUD KAMPANYE KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL BROOKLAND COFFEE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Serafina Loveita Sudargo)
190906838_Bab 0.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906838_Bab 1.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906838_Bab 2.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
190906838_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
190906838_Bab 4.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Di dalam komunikasi bisnis, termasuk bisnis food and beverage, terdapat aktivitas pemasaran di dalamnya. Campaign atau kampanye juga merupakan salah satu bagian dari aktivitas pemasaran. Adapun objek pada penelitian ini adalah komunikasi pemasaran di Brookland Coffee, sehingga campaign memiliki fungsi untuk membuat pengunjung tertarik pada produk-produk yang dihasilkan oleh café tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran dan campaign pemasaran media digital sebagai teori untuk landasan penelitian. Sementara itu, metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Brookland Coffee menggunakan media Spotify dan Instagram untuk melakukan campaign. Di media Spotify, Brookland Coffee membuat playlist berjudul Kalibradio. Campaign tersebut bersifat planned dan unplanned marketing. Selain itu, campaign ini juga bersifat inklusif, artinya seluruh konsumen dari Brookland Coffee terlibat dalam memasukkan lagu ke playlist tersebut. Sehingga, terbentuk brand image dan brand awareness yang menunjukkan bahwa Brookland Coffee memiliki ciri khas tersendiri. Media lain yang digunakan untuk campaign adalah Instagram. Adapun kandidat-kandidat Kalibradio adalah orang-orang terdekat dari pengurus Kalibradio itu sendiri, termasuk para pengunjung yang sering mendatangi café tersebut. Pihak pengelola Kalibradio tidak menggunakan jasa dari influencer ataupun artis agar inklusivitas tetap tejaga. Mereka juga menggunakan hashtag #Kalibradio dan #BrooklandCoffee untuk mendukung konten tentang Kalibradio tersebut. Hasilnya, costumer response menunjukkan sisi positif dan dukungan dalam bentuk percakapan dan interaksi sosial yang terjadi di Instagram Brookland Coffee.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Komunikasi Pemasaran Digital, Coffee Shop, Playlist
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 09 Aug 2024 17:19
Last Modified: 09 Aug 2024 17:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32115

Actions (login required)

View Item View Item