Lutfiah, Deandra (2024) PROSES PEMBUATAN KONTEN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN CHATGPT UNTUK MENUNJANG PRODUKTIVITAS SOCIAL MEDIA SPECIALIST. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Deandra Lutfiah)
190906866_Bab 0.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
190906866_Bab 1.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
190906866_Bab 2.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
190906866_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
190906866_Bab 4.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Teknologi digital baru semakin banyak dan berkembang seperti teknologi yang berbasis pada kecerdasan buatan AI. ChatGPT sebagai bentuk kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan lebih daripada chatbot karena dapat memberikan tanggapan bahkan menolak permintaan. ChatGPT dikembangkan menggunakan teknik Reinforcement Learning from Human Feedback, sehingga ChatGPT dimungkinkan untuk “berpikir” dalam percakapan yang dilangsungkan dan menghasilkan interaksi yang natural, seperti manusia yang berpikir. Social Media Specialist sebagai bentuk dari adanya perkembangan teknologi dengan munculnya profesi yang semakin beragam, pekerjaan ini berfokus pada perencanaan dan strategi konten yang mampu menarik khalayak. Hadirnya ChatGPT memiliki potensi yang besar dalam menunjang produktivitas pekerjaan Social Media Specialist, mampu memberikan ide konten dan memperbaiki narasi menjadi lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis ChatGPT sebagai penunjang produktivitas pekerjaan dari seorang Social Media Specialist terutama dalam proses pembuatan dari sebuah konten. Data diperoleh dengan melakukan wawancara secara mendalam bersama dengan keempat informan yang berprofesi sebagai Social Media Specialist dan menggunakan ChatGPT dalam membantu pekerjaannya. Hasil dari penelitian tersebut teknologi buatan berbasis AI yakni ChatGPT ini dapat menunjang produktivitas Social Media Specialist yang memiliki tiga tahapan pra produksi,produksi dan pasca produksi yang dimana masing-masing tahapan tersebut memiliki peranan yang berbeda. ChatGPT tidak hanya mengoptimalkan kerja para pembuat konten atau social media specialist tetapi juga mempengaruhi semangat dalam mengerjakan pekerjaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, Social Media Specialist, Artificial Intelligent |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 17:25 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 17:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32117 |
Actions (login required)
View Item |