ANALISIS PENDEKATAN DISONANSI KOGNITIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENCEGAH AKSI PERUNDUNGAN DI SMP SANTO YOSEPH DENPASAR

Saputro, Adrianus Aryo (2024) ANALISIS PENDEKATAN DISONANSI KOGNITIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENCEGAH AKSI PERUNDUNGAN DI SMP SANTO YOSEPH DENPASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Adrianus Aryo Saputro)
200907163a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tingginya kasus perundungan pelajar SMP di Kota Denpasar, Provinsi Bali merupakan tuntutan guru BK sebagai konselor sekolah. Faktanya, guru BK dihadapkan dengan beban kerja dan tantangan komunikasi yang dinilai kurang humanis. Penelitian ini menganalisis penggunaan pendekatan disonansi kognitif sebagai strategi komunikasi persuasi Guru BK di SMP Santo Yoseph Denpasar, Bali. Proses pengumpulan data dilakukan dengan indepth interview kepada Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling, Murid, dan dianalisis dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasilnya, Guru BK SMP Santo Yoseph Denpasar menggunakan pendekatan disonansi kognitif dalam konteks komunikasi persuasif melalui layanan konseling, pemberian materi, dan penciptaan konten video youtube bertema perundungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: disonansi kognitif, Guru BK, komunikasi persuasi, perundungan
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Aug 2024 16:18
Last Modified: 13 Aug 2024 16:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32145

Actions (login required)

View Item View Item