Analisis Percakapan Diskriminasi Ras Pemain dari Jawa Tengah pada Game Online (Studi Kasus Pengucapan Kata “Jawir” pada Pemain Mobile Legend Atma Jaya Yogyakarta)

Agustinus, Standley Leo (2024) Analisis Percakapan Diskriminasi Ras Pemain dari Jawa Tengah pada Game Online (Studi Kasus Pengucapan Kata “Jawir” pada Pemain Mobile Legend Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Standley Leo Agustinus)
200907265a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Diskriminasi ras merupakan salah satu permasalahan yang sulit diatasi, diskriminasi ras juga terdapat diberbagai sektor bahkan pada sektor hiburan seperti game online. Mobile Legend merupakan salah satu game online yang sedang ramai dipergunakan oleh pecinta game online. Tujuan dari Mobile Legend tentunya untuk memberikan hiburan pada pengguna internet, tetapi nyatanya di lapangan tidak demikian, terdapat beberapa diskriminasi ras yang terjadi dalam game online Mobile Legend. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan alasan diskriminasi yang terjadi dalam game Mobile Legend. Penelitian ini termasuk kedalam metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh langsung dianalisis melalui reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Data yang sudah diolah kemudian diuji keabsahannya menggunakan jenis triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu diskriminasi memang terjadi melalui pesan tertulis dan pesan suara, beberapa alasan yang mendasari terjadinya diskriminasi ialah emosi, perbedaan gameplay, pengaruh influencer, dan terdapat beberapa stereotip yang menyudutkan bagian kelompok masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Diskriminasi ras, Komunikasi antar budaya, Mobile Legend
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Aug 2024 20:32
Last Modified: 14 Aug 2024 20:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32182

Actions (login required)

View Item View Item