STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PLAN INDONESIA DALAM KAMPANYE STOP KEKERASAN BERBASIS GENDER DI INDONESIA

Martono, Ryhan Rahma Aulia (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PLAN INDONESIA DALAM KAMPANYE STOP KEKERASAN BERBASIS GENDER DI INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Ryhan Rahma Aulia Martono)
200907322a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)

Abstract

Skripsi ini menganalisis strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Plan Indonesia dalam kampanye penghapusan kekerasan berbasis gender. Dalam konteks global yang semakin terhubung, media sosial telah menjadi alat utama bagi organisasi untuk menyebarkan pesan kesadaran sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana Plan Indonesia menggunakan Instagram sebagai platform untuk menciptakan kesadaran terhadap isu kekerasan gender hingga adanya tindakan konkret. Penelitian ini fokus pada strategi komunikasi persuasif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis menggunakan pendekatan POAC melalui penelitian kualitatif, dengan fokus pada identifikasi pesan persuasif, strategi visual, dan interaksi dengan audiens. Data dikumpulkan dari wawancara dengan perwakilan Plan Indonesia dan postingan kampanye. Hasil penelitian dapat memberikan kontribusi dalam memahami strategi komunikasi persuasif dalam kampanye sosial melalui pemanfaatan fitur dalam platform Instagram dan kolaborasi berbagai pihak serta memberikan wawasan bagi organisasi yang ingin melakukan kampanye serupa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif, POAC, kekerasan berbasis gender, kampanye
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Aug 2024 16:53
Last Modified: 15 Aug 2024 16:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32197

Actions (login required)

View Item View Item