PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEKOLAH GRATIS VERSI CUT MINI DI TELEVISI TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DESA BANGUNTAPAN PADA PEMERINTAH

Saputra, Modhon (2010) PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEKOLAH GRATIS VERSI CUT MINI DI TELEVISI TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DESA BANGUNTAPAN PADA PEMERINTAH. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02084.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02084.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02084.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Iklan layanan masyarakat melalui media televisi merupakan sarana yang efektif dalam mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah untuk kemudian diketahui oleh masyarakat luas. Salah satu iklan layanan masyarakat yang pernah ditayangkan yaitu tentang kebijakan sekolah gratis dengan bintang iklannya artis Cut Mini. Kebijakan sekolah gratis yang selama ini dinantikan oleh masyarakat Indonesia disosialisasikan melalui iklan tersebut. Diharapkan pemerintah memperoleh dukungan masyarakat luas walau dikemudian hari sekolah gratis ini tidak sepenuhnya gratis seperti yang sudah dibayangkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan sekolah gratis di televisi dengan sikap masyarakat pada pemerintah. Penelitian ini dilakukan di Desa Banguntapan, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan daftar pertanyaan (kuisioner) kepada responden. Data-data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Uji Analisis Korelasi dan Uji Regresi untuk mengetahui besar pengaruh dan signifikansinya setelah sebelumnya telah diuji lebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Temuan yang diperoleh yaitu :  Iklan layanan masyarakat sekolah gratis versi Cut Mini memiliki nilai korelasi yang kuat terhadap sikap masyarakat Desa Banguntapan yaitu sebesar 0,673.  Pengaruh antara variabel iklan layanan masyarakat dan sikap masyarakat diketahui dari uji regresi dengan mencari nilai R square atau koefisien determinasi yaitu sebesar 45,2%. Besarnya pengaruh iklan layanan masyarakat sekoleh gratis terhadap sikap masyarakat ialah 45,2%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang berada di luar model regresi ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jul 2013 11:52
Last Modified: 18 Jul 2013 11:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item