Saputra, Modhon (2010) PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEKOLAH GRATIS VERSI CUT MINI DI TELEVISI TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DESA BANGUNTAPAN PADA PEMERINTAH. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02084.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02084.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02084.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02084.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02084.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Iklan layanan masyarakat melalui media televisi merupakan sarana yang efektif dalam mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah untuk kemudian diketahui oleh masyarakat luas. Salah satu iklan layanan masyarakat yang pernah ditayangkan yaitu tentang kebijakan sekolah gratis dengan bintang iklannya artis Cut Mini. Kebijakan sekolah gratis yang selama ini dinantikan oleh masyarakat Indonesia disosialisasikan melalui iklan tersebut. Diharapkan pemerintah memperoleh dukungan masyarakat luas walau dikemudian hari sekolah gratis ini tidak sepenuhnya gratis seperti yang sudah dibayangkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan sekolah gratis di televisi dengan sikap masyarakat pada pemerintah. Penelitian ini dilakukan di Desa Banguntapan, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan daftar pertanyaan (kuisioner) kepada responden. Data-data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Uji Analisis Korelasi dan Uji Regresi untuk mengetahui besar pengaruh dan signifikansinya setelah sebelumnya telah diuji lebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Temuan yang diperoleh yaitu : Iklan layanan masyarakat sekolah gratis versi Cut Mini memiliki nilai korelasi yang kuat terhadap sikap masyarakat Desa Banguntapan yaitu sebesar 0,673. Pengaruh antara variabel iklan layanan masyarakat dan sikap masyarakat diketahui dari uji regresi dengan mencari nilai R square atau koefisien determinasi yaitu sebesar 45,2%. Besarnya pengaruh iklan layanan masyarakat sekoleh gratis terhadap sikap masyarakat ialah 45,2%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang berada di luar model regresi ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 11:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2013 11:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3220 |
Actions (login required)
View Item |