KUSUMANINGTYAS, NATALIA (2010) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENSOSIALISASIKAN PERUBAHAN CORPORATE IDENTITY KEPADA PUBLIK EKSTERNAL (Kasus The Phoenix Hotel Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02733.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02733.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02733.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02733.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02733.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Pada penelitian ini penulis mengambil judul mengenai Strategi Komunikasi Dalam Mensosialisasikan Perubahan Corporate Identity Kepada Publik Eksternal (Kasus The Phoenix Hotel Yogyakarta). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Dalam Mensosialisasikan Perubahan Corporate Identity Kepada Publik Eksternal (Kasus The Phoenix Hotel Yogyakarta). Penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dimana pada penelitian ini hanya memaparkan situasi atau peristiwa tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesa atau membuat prediksi. Perubahan identitas yang dialami Grand Mercure Yogyakarta beberapa waktu yang lalu, dikarenakan hotel ini memenuhi 4 klasifikasi hotel yang dapat bergabung dalam Label MGallery Collection yaitu visi, sejarah, desain, lokasi, dengan dipenuhinya keempat persyaratan pokok tersebut maka Grand Mercure Yogyakarta dengan Brand Grand Mercure saat ini menjadi The Phoenix Hotel Yogyakarta dengan Label MGallery Collection. Hasil penelitian mengenai strategi komunikasi dalam mensosialisasikan perubahancorporate identity kepada public eksternal menunjukan bahwa Public Relations Departemen The Phoenix Hotel Yogyakarta diberi kepercayaan untuk merancang strategi komunikasi dalam mensosialisasikan perubahan tersebut kepada public eksternal. Strategi komunikasi yang dipilih dan dijalankan adalah Brand Campaign, perencanaan strategis juga dimulai dengan menetapkan tujuan yang akan dicapai adalah memberikan informasi kepada publik eksternal mengenai perubahan identitas hotel, mengantisipasi anggapan dari publik bahwa dengan perubahan ini hotel keluar dari Accor atau terjadi sesuatu yang buruk di dalam hotel, membuat publik tidak lagi menyebutkan nama Grand Mercure tetapi The Phoenix Hotel. Publik eksternal yang menjadi sasaran adalah pengguna jasa & calon pengguna jasa, pemerintah, media, corporate, komunitas sekitar hotel, travel agent, dan setiap publik sasaran tersebut memiliki cara penyampaiannya sendiri, baik secara langsung (tatap muka) maupun tidak langsung (bermedia). Brand Campaign sendiri diwujudkan dalam program kerja/action plan yang dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan, yaitu press conference & rebranding party, roadshow/media visit yang dilaksanakan di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Semarang, Bali, dan switch communication National Newspaper. Penyususnan komponen komunikasi menjadi pendukung dari strategi yang dijalankan. Penyusunannya dimulai dengan perancangan pesan yang akan disampaikan, komunikator disetiap program/kegiatan re-branding, media massa yang mencakup radio, televisi, koran serta majalah yang djadwalkan untuk diundang dalam press conference serta dikunjungi dalam roadshow/media visit
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Corporate Identity, The Phoenix Hotel Yogyakarta |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Jul 2013 08:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2013 08:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3241 |
Actions (login required)
View Item |