“HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KELOMPOK DENGAN KUALITAS HASIL KEPUTUSAN DI HOTEL SAHID RAYA YOGYAKARTA” (STUDI KORELASIONAL KARYAWAN HOTEL SAHID RAYA YOGYAKARTA)

Susanto, Monica Kris (2010) “HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KELOMPOK DENGAN KUALITAS HASIL KEPUTUSAN DI HOTEL SAHID RAYA YOGYAKARTA” (STUDI KORELASIONAL KARYAWAN HOTEL SAHID RAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02754.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02754.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02754.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Sekarang ini banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak maju dengan kelebihannya masing-masing. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa profit, misalnya: hotel, memiliki tempat yang baik di negeri ini. Indonesia seringkali menjadi tempat tujuan wisatawan asing unuk mengisi liburan maupun untuk melakukan perjalanan bisnis. Oleh karena itu, saat ini banyak hotel yang berdiri di Indonesia. Dalam sebuah hotel terdapat banyak karyawan, yang dibagi ke dalam berbagai departemen yang ada. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan dalam menjalankan hotel sehingga banyak kelompok-kelompok yang ada dalam hotel. Dalam sebuah kelompok diperlukan pemimpin yang dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mempertahankan kelompoknya. Sebagai contohnya yaitu Hotel Sahid Raya Yogyakarta yang berbintang emapat sekarang ini memiliki 114 oarang karyawan. Karyawan-karyawan yang ada dibagi ke dalam beberapa departemen, antara lain: Accounting, Marketing, Front Office, Laundry, Enggineering, F&B Service, dan Personnel. Departemen yang terbagi tersebut berguna untuk karyawan berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komunikasi yang terjadi antar anggota yang ada disebut kelompokkelompok kecil. Kelompok-kelompok kecil tersebut digunakan untuk mengeluarkan setiap pendapat karyawan mengenai kemajuan hotel di masa yang akan datang. Kelompok-kelompok kecil tersebut berfungsi untuk menyelesaikan setiap masalah, berdiskusi, dan mencari solusi atas setiap masalah yang ada dalam kelompok. Dalam mengambil setiap keputusan, anggota kelompok harus berkomunikasi dengan yang lainnya. Oleh karena itu, efektivitas komunikasi dalam kelompok memiliki peran yang penting. Dengan adanya efektivitas komunikasi dalam kelompok dapat memmudahkan anggota yang ada dalam kelompok tersebut dalam mengambil setiap keputusan. Keputusan yang tepat menjadi kunci untuk keberlangsungan kelompok tersebut. Sehingga dengan adanya keputusan yang tepat tersebut, maka kelompok dapat menunjukkan eksistensi mereka. Dalam mengambil keputusan juga harus memperhatikan kebutuhan anggota yang ada dalam kelompok tersebut, sehingga tujuan yang akan dicapai dapat kesejahteraan anggotanya. Kualitas pengambilan keputusan dalam kelompok melalui empat tahap, yaitu: analisis masalah, penetapan tujuan, identifikasi alternatif yang ada, dan evaluasi. Tahap-tahap tersebut digunakan untuk melihat apakah kualitas pengambilan keputusan yang dihasilkan dapat membuat perusahaan ke arah yang lebih baik atau tidak. Tahap-tahap tersebut harus dilalui oleh kelompok-kelompok yang ada untuk menghasilkan kualitas pengambilan keputusan yang terbaik. Kualitas hasil keputusan yang dihasilkan dipengaruhi oleh kualitas penyampain komunikasi yang ada dalam kelompok. Komunikasi dalam kelompok diperlukan untuk melakukan kerjasama dan untuk berinteraksi antar anggota. Kualitas komunikasi dalam kelompok menjadi salah satu kunci utama dalam menghasilkan kualitas keputusan yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jul 2013 09:11
Last Modified: 19 Jul 2013 09:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3243

Actions (login required)

View Item View Item