Aditya, Gustanto Putra (2024) Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Niat Nasabah Untuk Beralih Ke Bank Digital Menggunakan Teori Push-Pull Mooring. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Gustanto Putra Aditya)
225312166_Bab 0.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
225312166_Bab 1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
225312166_Bab 2.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text
225312166_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text
225312166_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
225312166_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
225312166_Bab 6.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi di masa sekarang ini membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu sektor yang terdampak adalah sektor keuangan, di mana hal ini mempengaruhi proses bisnis dalam lembaga keuangan yang menyediakan layanan keuangan. Data menunjukkan bahwa 33% penduduk Indonesia yang berumur 16-64 telah menggunakan aplikasi mobile banking dan layanan keuangan setidaknya satu bulan sekali. Selain itu, laporan Badan Pusat Statistik (2022) menunjukkan kenaikan pengguna telepon seluler sebesar 2,01% dan pengguna internet umur di atas 16 tahun sebesar 1,33% pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini mencerminkan transformasi signifikan dalam perilaku konsumen, yang beralih dari penggunaan layanan perbankan tradisional menuju layanan digital. Penelitian ini akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk berpindah dari bank konvensional atau tradisional ke bank digital berdasarkan Push-Pull Mooring Theory (PPM). Dengan menggunakan teori PPM, penelitian ini akan mengidentifikasi faktor pendorong (push factors) seperti ketidakpuasan terhadap produk bank tradisional, faktor penarik (pull factors) seperti daya tarik layanan digital yang inovatif, dan faktor penambat (mooring factors) seperti pengaruh sosial yang menghambat atau mendukung perpindahan nasabah. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan implikasi praktis bagi industri perbankan, pembuat kebijakan, dan akademisi, serta memberikan pelajaran bagi negara berkembang lainnya dengan kondisi ekonomi, geografis, dan demografis yang serupa. Berdasarkan hasil penelitian, niat nasabah bank tradisional untuk berpindah ke bank digital dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu dissatisfaction, Alternative Attractivenes, brand image, habit, dan subjective norm. Faktor yang paling signifikan adalah Alternative Attractivenes, diikuti oleh subjective norm. Selain itu, pengujian faktor moderat menunjukkan bahwa usia, khususnya di bawah 29 tahun, mempengaruhi hubungan antara perceive risk dan subjective norm terhadap switching intention, sedangkan jenis kelamin dan pendapatan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi informasi tambahan bagi peneliti lainnya dan para penyelenggara perbankan dalam perumusan strategi untuk meningkatkan nasabah bank digital di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Push-Pull Mooring Theory, Bank Traditional, Bank Digital, Niat beralih |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 16:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 16:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32432 |
Actions (login required)
View Item |