Setiawan, Gaudensius Winsen (2024) Model Ekspansi Pasar Ekspor Menggunakan Web Platform Berbasis Semantik 3 Bahasa. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Gaudensius Winsen Setiawan)
225611947_Bab 0.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
225611947_Bab 1.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
225611947_Bab 2.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
225611947_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
225611947_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
||
Text
225611947_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text
225611947_Bab 6.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
Model bisnis tradisional menganggap aset fisik seperti toko, pabrik, dan kantor sebagai hal penting untuk menghasilkan pendapatan perusahaan. Situasi ini juga terjadi ketika perusahaan mencoba melakukan perluasan pasar. Untuk melakukan perluasan pasar, dengan model bisnis tradisional, perusahaan cenderung mempertimbangkan untuk membuka beberapa kantor cabang penjualan untuk mendukung penjualan. Namun saat ini dengan semakin majunya teknologi informasi seperti internet, pelanggan dapat dijangkau melalui platform e-market. Penelitian yang disajikan dalam makalah ini mengusulkan suatu model bisnis platform yang dapat mendukung perluasan pasar tanpa menambah aset fisik tambahan pada perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pengembangan website dengan menggunakan bahasa lokal dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan pengunjung dari daerah di mana perusahaan berusaha melakukan perluasan pasar. Oleh karena itu, pada usulan model bisnis platform yang didukung oleh website, perusahaan disarankan untuk melakukan perluasan pasar tanpa menambah aset fisik seperti kantor penjualan. Selain itu website yang dikembangkan sebaiknya menggunakan bahasa lokal sesuai dengan ekspansi pasar negara yang akan dituju. Model bisnis platform yang diusulkan kemudian diimplementasikan di PT D&W Internasional yang mengekspor produk ke luar negeri sejak tahun 2005. Dengan menggunakan model bisnis platform yang diusulkan, perusahaan mengembangkan website dengan menggunakan 3 bahasa berbeda: Inggris, Portugis, dan Spanyol. Hasilnya menunjukkan bahwa model bisnis platform dengan menggunakan website yang didukung dengan bahasa lokal efektif mendukung ekspansi pasar ekspor.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model bisnis platform, ekspansi pasar, website, bahasa lokal |
Subjects: | Magister Teknik Industri > Business Analytics |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 18:04 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 18:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32438 |
Actions (login required)
View Item |