SIKAP POLITIK PERS DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA PASCA SERANGAN DI JALUR GAZA 26 DESEMBER 2008 (Analisis Framing Sikap Politik Pers Konflik Israel-Palestina Pasca Serangan di Jalur Gaza 26 Desember 2008 Pada Tajuk Rencana Harian Republika dan Kompas periode Desember 2008-Maret 2009)

Sarjana, Maria Indah Purnani (2010) SIKAP POLITIK PERS DALAM KONFLIK ISRAEL-PALESTINA PASCA SERANGAN DI JALUR GAZA 26 DESEMBER 2008 (Analisis Framing Sikap Politik Pers Konflik Israel-Palestina Pasca Serangan di Jalur Gaza 26 Desember 2008 Pada Tajuk Rencana Harian Republika dan Kompas periode Desember 2008-Maret 2009). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02815.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02815.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02815.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02815.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02815.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berisi hasil analisis framing atau pembingkaian tajuk rencana Harian Kompas dan Republika sebagai opini media terhadap konflik Israel- Palestina pasca serangan di Jalur Gaza 26 Desember 2008. Peneliti berupaya melihat kecenderungan keberpihakan kedua media tersebut terkait berbagai kepentingan termasuk kepentingan korporasinya, melalui model framing William Gamson dan Modigliani. Topik konflik Israel-Palestina pasca serangan di Jalur Gaza 2008 lalu menjadi menarik untuk didalami karena secara umum, konflik Israel-Palestina sendiri merupakan konflik absolut yang telah berjalan ratusan tahun. Konflik tersebut juga telah banyak menyita perhatian masyarakat dunia dan di Indonesia, permasalahan dua negara tersebut seringkali dimaknai sebagai konflik agama dan ras yang tidak jarang menimbulkan aksi-reaksi yang berlebihan dari masyarakat Indonesia. Kemudian secara khusus, konflik Israel-Palestina 2008 lalu merupakan konflik terbesar dalam kurun waktu 5 tahun ini yang menelan banyak korban sipil. Oleh karenanya konflik tersebut mendapatkan perhatian berlebihan dari masyarakat Indonesia dengan persepsi yang salah. Pemilihan dua media Kompas dan Republika dilatarbelakangi oleh perbedaan ideologi masing-masing media. Republika yang berkaidah agama Islam dan Kompas yang berhaluan universal. Sehingga diharapkan dapat mengetahui lebih baik bagaimana kepentingan korporasi-organisasi, kepentingan industri dan ideologi media mempengaruhi keberpihakan dan pembingkaian media terhadap konflik tersebut. Telaah mengenai topik ini dilakukan dengan menggali data primer yaitu teks tajuk rencana (temuan tekstual) yang kemudian dianalisis dengan menggunakan coding sheet sesuai dengan model Gamson dan Modigliani. Data sekunder yaitu : hasil wawancara yang kemudian disebut temuan kontekstual. Berdasarkan temuan tekstual maupun kontekstual, peneliti menyimpulkan bahwa Kompas cenderung berpandangan konflik Israel-Palestina sebagai konflik perebutan wilayah dan tidak bersinggungan dengan sensitifitas agama. Sedangkan Republika cenderung membingkai konflik tersebut dalam pandangan sensifitasan agamis (Islam). Kecenderungan tersebut juga dilandaskan pada ideologi masingmasing, namun hanya Kompas yang juga menyesuaikan kebijakannya dengan motto media. Sedangkan Republika yang bermotto “mencerdaskan kehidupan bangsa” isi tajuknya tidak mencerminkan hal tersebut karena opininya tendensius dan subyektif ke-Islaman. Keduanya sama-sama berpihak pada Palestina dengan alasan yang juga berbeda. Motif keberpihakan tersebut juga berlandaskan pada kepentingan – kepentingan media. Kompas memiliki dua kepentingan utama, yaitu : untuk merubah citra koran Khatolik yang menempel padanya, dan memberikan kesan “seimbang” untuk menghindari adanya protes, bentrok dengan Tim Pembela Islam (TPI) sebagaimana yang pernah terjadi di tahun 1997 dan 2006. Republika memihak Palestina secara terang-terangan dan menghujat Israel secara berlebihan diharapkan akan mendapatkan simpati dari masyarakat Indonesia yang sebagian besar pemeluk agama Islam. Semua yang dilakukan Republika juga semata-mata untuk menaikkan revenue medianya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jul 2013 09:14
Last Modified: 19 Jul 2013 09:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item