Prastiwi, Monica Gita (2024) NILAI KASIH SEBAGAI BUDAYA ORGANISASI DAN SOSIALISASINYA DI CHARITAS HOSPITAL BELITANG. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Monica Gita Prastiwi)
201007284_Bab 0.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
201007284_Bab 1.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
201007284_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
Text
201007284_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
||
|
Text
201007284_Bab 4.pdf Download (633kB) | Preview |
Abstract
Perilaku karyawan dalam suatu organisasi dipengaruhi oleh nilai atau budaya organisasi yang telah dianut dan disosialisasikan kepada mereka. Dalam sebuah organisasi, sosialisasi dilaksanakan sebagai sebuah program yang telah disusun dan dirancang untuk mempersiapkan anggota baru yang bertujuan untuk mengembangkan budaya organisasi menjadi semakin kuat sehingga mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi nilai “KASIH” sebagai budaya organisasi di Charitas Hospital Belitang dan mengetahui bagaimana pengurus rumah sakit mensosialisasikan nilai “KASIH” kepada para karyawan baru di Charitas Hospital Belitang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep budaya organisasi dari Robert dan konsep sosialisasi dari Robert M. Z Lawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai “KASIH” merupakan nilai yang terdiri dari 5 nilai, yaitu Komunikatif, Andal, Sinergis, Inovatif, dan Hangat. Nilai ini tertanam kuat dan dianut oleh seluruh karyawan Charitas Hospital Belitang. Pengurus rumah sakit menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan nilai “KASIH” untuk mendukung karyawan dalam mengimplementasikan nilai ini ketika melakukan tugas dan pelayanan di rumah sakit. Dengan dijadikannya pedoman, harapannya nilai “KASIH” dapat mewujudkan tujuan organisasi Charitas Hospital Belitang. Pengurus rumah sakit mensosialisasikan nilai “KASIH” kepada para karyawan baru dengan mempersiapkan materi sosialisasi yang telah disusun oleh Charitas Group dan memberikan materi kepada direksi dan Kepala Ruang/Bagian untuk disosialisasikan kepada para karyawan baru. Selanjutnya, karyawan baru melalui proses pembelajaran dan evaluasi untuk dapat menerima dan menjadikan nilai “KASIH” sebagai pedoman dalam melaksanakan pelayanan di rumah sakit.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sosialisasi, budaya organisasi, nilai “KASIH” |
Subjects: | Sosiologi > Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 15:00 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 15:00 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32458 |
Actions (login required)
View Item |