ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DORONGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA SHOPEE LIVE

Ananta, Benediktus Vito (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DORONGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA SHOPEE LIVE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Benediktus Vito Ananta)
200325637_Bab 0.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200325637_Bab 1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200325637_Bab 2.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
200325637_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
200325637_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
200325637_Bab 5.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Live streaming commerce terus berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi dorongan pembelian impulsif. Model penelitian ini berdasarkan teori stimulus organisme response (S-O-R) untuk menganalisis reaksi dan perilaku konsumen terhadap faktor rangsangan. Objek dalam penelitian ini adalah Shopee Live, dengan jumlah responden yang didapatkan sebanyak 237 responden, dengan 228 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling menggunakan kuesioner dengan Skala Likert 5 poin berbentuk Google Forms yang disebarkan melalui berbagai media sosial. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM)- Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat aplikasi SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik berpengaruh terhadap kesenangan yang dirasakan, namun kepercayaan dan keahlian tidak berpengaruh terhadap kesenangan yang dirasakan. Kegunaan produk, kemudahan pembelian, serta harga produk berpengaruh terhadap kegunaan yang dirasakan. Selain itu, kesenangan yang dirasakan berpengaruh terhadap dorongan pembelian impulsif, namun kegunaan yang dirasakan tidak berpengaruh terhadap dorongan pembelian impulsif. Serta, kesenangan yang dirasakan memediasi pengaruh kegunaan yang dirasakan terhadap dorongan pembelian impulsif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Shopee Live, Teori SOR, Dorongan Pembelian Impulsif
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Oct 2024 18:03
Last Modified: 14 Oct 2024 18:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32594

Actions (login required)

View Item View Item