Herlianto, Dedi (2024) Pengembangan Sistem Informasi Dashboard SLA Report untuk Meningkatkan Kinerja Layanan di PT. Telkom Satelit Indonesia. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Dedi Herlianto)
201710728_Bab 0.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
201710728_Bab 1.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
201710728_Bab 2.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
201710728_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
||
Text
201710728_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
201710728_Bab 5.pdf Download (492kB) | Preview |
Abstract
Di era globalisasi, teknologi informasi memainkan peran penting dalam berbagai aktivitas. Salah satu contohnya adalah PT Telkomsat, perusahaan telekomunikasi berbasis satelit yang menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional. PT Telkomsat menghadapi tantangan dalam memantau dan mengelola kinerja layanan sesuai dengan persyaratan SLA. Tantangan ini muncul karena kompleksitas infrastruktur telekomunikasi, volume data yang besar, dan kebutuhan informasi yang cepat dan akurat. Saat ini, PT Telkomsat masih menggunakan Microsoft Excel untuk perhitungan rekapitulasi ketersediaan layanan Hub. Hal ini menyulitkan dalam penghitungan dan pembuatan grafik. Oleh karena itu, PT Telkomsat membutuhkan sistem informasi berbasis web yang menggunakan database. Sistem informasi ini akan membantu PT Telkomsat dalam memantau dan mengelola kinerja layanan dengan lebih mudah dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode prototype sebagai metode pengembagan aplikasi. Pengembangan sistem melalui proses perancangan prototype yang meliputi pembuatan ERD, diagram use case, dan model desain antarmuka menggunakan metode low fidelity. Lalu implementasi prototype dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, dan framework Codeigniter 4, desain antarmukanya menggunakan Bootsrap 3 serta pengujiannya dilakukan menggunakan metode Blackbox. Dengan dibuatnya sistem informasi ini, pelaporan kinerja layanan SLA dapat dilakukan dengan lebih sederhana, prosesnya lebih cepat, dan waktu yang digunakan menjadi lebih singkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Service Level Agreement, Metode Prototype |
Subjects: | Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 15:41 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 15:41 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32675 |
Actions (login required)
View Item |