EVALUASI USER EXPERIENCE PADA SIKMA (SISTEM INFORMASI KEMAHASISWAAN) UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN HUERISTIC EVALUATION (HE) dan USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Cristian, Alvin Adhie (2024) EVALUASI USER EXPERIENCE PADA SIKMA (SISTEM INFORMASI KEMAHASISWAAN) UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN HUERISTIC EVALUATION (HE) dan USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Alvin Adhie Cristian)
201710827_Bab 0.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710827_Bab 1.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710827_Bab 2.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
201710827_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
201710827_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
201710827_Bab 5.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Website Sistem Informasi Kemahasiswaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (SIKMA UAJY) mendukung mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas seperti pendaftaran kelas CCU, Jogja Istimewa (JOGIS), konseling, dan SPAMA secara mandiri melalui situs web SIKMA UAJY. Berdasarkan hasil wawancara, mahasiswa UAJY yang menggunakan SIKMA merasakan perlunya evaluasi user experience. Masalah yang dihadapi termasuk tidak adanya umpan balik saat upload SPAMA, sistem yang tidak bisa konfirmasi sertifikat secara otomatis, serta kekakuan user interface, dashboard utama yang kosong, dan beberapa UI yang perlu dirapikan. Penelitian ini menerapkan metode heuristic evaluation (HE) dengan tiga evaluator yang memiliki pengetahuan dalam UI/UX dan user experience questionnaire (UEQ) untuk mengevaluasi user experience serta memberikan rekomendasi perbaikan terhadap website Sistem Informasi Kemahasiswaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Hasil evaluasi menggunakan metode user experience questionnaire menunjukan skala dengan nilai benchmark kategori below average yang terdapat pada skala attractiveness, perspicuit, efficiency, dan dependability dan kategori bad terdapat pada skala stimulation dan novelty. Metode hueristic evaluation mendapatkan hasil 56 permasalahan dan dirangkum menjadi 35 permasalahan. Setelah mendapatkan rekomendasi perbaikan oleh evaluator, analisis ulang user experience menunjukan peningkatan nilai benchmark dengan kategori good terdapat pada skala attractiveness, perspicuit, efficiency, dependability, stimulation, novelty. Evaluasi dan perbaikan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna website SIKMA UAJY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Kemahasiswaan, Evaluasi User experience, Heuristic Evaluation, User Interface, Universitas Atma Jaya.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Oct 2024 17:22
Last Modified: 23 Oct 2024 17:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32689

Actions (login required)

View Item View Item