Bayu, I Putu Ary Sukma (2024) Pembangunan Sistem Kuis Berbasis Mobile Untuk Bebras Indonesia. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (I Putu Ary Sukma Bayu)
170709494_Bab 0.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
170709494_Bab 1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
170709494_Bab 2.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
170709494_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
170709494_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
||
Text
170709494_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
170709494_Bab 6.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Beragam kegiatan diberbagai industri kini telah berkembang dan mulai dikonversikan menjadi platform mobile. Salah satunya adalah penggunaan platform mobile pada kegiatan belajar, atau disebut dengan Electronic Learning (E- Learning). Komunitas Bebras Indonesia merupakan sebuah organisasi yang hadir melalui kuis online berbasis website "Bebras Challenge" untuk mengenalkan Computational thinking pada pendidikan dasar sampai menengah. Dengan sistem kuis berbasis website memungkinkan siswa mengakses pembelajaran dan latihan soal dimana saja, namun terdapat kendala mobilitas yang kurang maksimal. Penulis melihat perlunya dibangun sistem kuis berbasis mobile untuk mendukung kegiatan e-learning Bebras Indonesia yang lebih efektif dengan penggunaan perangkat mobile yang sudah umum digunakan. Dari permasalahan tersebut, maka dapat diatasi dengan mengembangkan sistem pembelajaran kuis berbasis android, yang dapat memberikan semua solusi dan permasalahan yang dialami. Dengan pengembangan sistem pembelajran kuis berbasis android ini untuk meningkatkan efektivitas dari pembelajaran computational thinking yang diselengarakan oleh bebras Indonesia karena dapat menampilkan konten secara optimal pada perangkat mobile. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah terbentuknya sebuah sistem pembelajran kuis berbasis android yang dikembangkan dengan menggunakan framework Flutter serta Firestore sebagai basis data yang menyimpan data soal dan materi yang digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kuis, Flutter, Firestore. |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 16:19 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 16:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32712 |
Actions (login required)
View Item |