PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI M-LEARNING FIBER LEADERSHIP ACADEMY

Theys, Kenneth Vincentius (2024) PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI M-LEARNING FIBER LEADERSHIP ACADEMY. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Kenneth Vincentius Theys)
200710681_Bab 0.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200710681_Bab 1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200710681_Bab 2.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
200710681_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
200710681_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
200710681_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img]
Preview
Text
200710681_Bab 6.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 mendorong berbagai perusahaan di berbagai industri untuk saling bersaing dalam memenuhi tuntutan era. Implementasi teknologi menuntut sumber daya manusia yang tangkas agar mampu mengoperasikannya. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan yang modern untuk menghasilkan sumber daya manusia yang adaptif dan kreatif. Menanggapi hal tersebut, PT. Telkom Akses membuat aplikasi e-learning berbasis web “Fiber Leadership Academy” dengan tujuan melatih karyawan mereka agar dapat berkembang, khususnya pengembangan aspek leadership. Namun, PT. Telkom Akses membutuhkan e learning yang bisa diakses dengan mudah pada platform mobile. Oleh karena itu, peneliti bekerja sama dengan PT. Telkom Akses untuk merancang aplikasi “Fiber Leadership Academy” versi mobile. Perancangan desain antarmuka menggunakan metode Design Thinking, dengan memanfaatkan aplikasi Figma untuk merancang antarmuka, dan Maze untuk menguji antarmuka. Pengujian juga menerapkan metode Usability Testing dan System Usability Score (SUS). Hasil penelitian membuahkan perancangan antarmuka yang mudah diakses, efisien, menarik, dan user friendly. Hal ini terlihat dari hasil pengujian terhadap karyawan PT. Telkom Akses yang berperan sebagai responden. Diperoleh nilai sebesar 83,3% pada aspek learnability, nilai 76,49% pada aspek efficiency, nilai 81,5 dengan grade “A” pada aspek satisfaction. Namun kendala muncul pada aspek errors yang memperoleh nilai error rate tinggi, sebesar 22,78%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sumber Daya Manusia, Mobile Learning, Design Thinking, Usability Testing.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Oct 2024 16:08
Last Modified: 30 Oct 2024 16:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32743

Actions (login required)

View Item View Item