Perwira, Ferdian David (2024) PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI PADA USAHA CUANDEMIK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KELAS BERBAYAR MENGGUNAKAN METODE SOSTAC. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Ferdian David Perwira)
190610158_Bab 0.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
190610158_Bab 1.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
190610158_Bab 2.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
190610158_Bab 3.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
190610158_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
||
Text
190610158_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text
190610158_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
190610158_Bab 7.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Usaha Cuandemik merupakan UMKM yang bergerak pada bidang jasa. Berdasarkan wawancara dengan stakeholders, diketahui bahwa terjadi penurunan penjualan pada produk kelas berbayar. Identifikasi akar masalah dilakukan dengan interrelationship diagram dan ditemukan bahwa akar masalah penurunan penjualan pada produk kelas berbayar adalah persaingan kompetitor. Penyelesaian masalah pada persaingan kompetitor dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Hasil identifikasi keempat faktor akan dijadikan solusi untuk meningkatkan penjualan kelas berbayar sebesar 80% dengan target penjualannya sebesar Rp5.400.000. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel promotion terpilih sebagai solusi yaitu melakukan mengevaluasi dan mengembangkan strategi promosi digital. Kemudian dari solusi tersebut dllakukan pemilihan metode untuk menjalankan solusi tersebut dan SOSTAC merupakan metode terpilih. Tahapan awal dilakukan dengan melakukan identifikasi mengenai situasi usaha saat ini dan melakukan analisis SWOT dari analisis situasi yang teridentifikasi. Selanjutnya tahap objective merupakan penentuan tujuan promosi menggunakan pendekatan objectives 5S , tahap trategy merupakan proses mengidentifikasi strategi menggunakan STP, dan tactics merupakan perancangan taktik menggunakan Marketing Mix 4P. Selanjutnya pada tahap actions merupakan tahap merancang dan membuat strategi promosi yaitu membuat dan menggunggah konten pada Instagram. Terakhir merupakan tahap control yaitu evaluasi terhadap implementasi yang telah dilakukan dengan melihat data performa tiap konten pada Instagram, mengecek pencapaian implementasi terhadap objectives 5S, dan membandingkan hasil penjualan kelas berbayar. Implementasi dilakukan dari tanggal 9 Juni 2024 sampai 29 Juni 2024 menggunakan media sosial Instagram dan Whatsapp. Hasil dari penelitian ini adalah membuat rencana promosi digital dan konten promosi digital untuk usaha Cuandemik. Penelitian ini juga menghasilkan peningkatan penjualan sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi promosi digital yang diterapkan telah berhasil memecahkan permasalahan yang ada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatan Penjualan, Promosi Digital, SOSTAC |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 15:32 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 15:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32790 |
Actions (login required)
View Item |