PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA ALMOND MILK BY CEMILK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Advendina, Gisella Biaz (2024) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA ALMOND MILK BY CEMILK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Gisella Biaz Advendina)
200610576_Bab 0.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200610576_Bab 1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200610576_Bab 2.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200610576_Bab 3.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
200610576_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
200610576_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text
200610576_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
200610576_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
200610576_Bab 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img]
Preview
Text
200610576_Bab 9.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Industri Rumah Tangga (IRT) seperti Cemilk di Salatiga, Jawa Tengah, berperan penting dalam ekonomi Indonesia dengan menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Meskipun demikian, Cemilk mengalami penjualan rendah, yang dapat berdampak negatif pada pendapatan dan profitabilitas. Pemetaan dengan Interrelationship Diagram (IRD) menunjukkan bahwa Industri Rumah Tangga Cemilk menghadapi masalah rendahnya penjualan produk Almond Milk karena belum adanya strategi pemasaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran digital menggunakan metode SOSTAC guna meningkatkan penjualan produk tersebut. Metode penelitian meliputi analisis situasi, pemilihan objektif, strategi pemasaran, serta taktik yang tepat untuk menghadapi kompetitor. Tahap analisis situasi dalam pemasaran digital perusahaan dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk memahami pandangan masyarakat, menganalisis kompetitor, dan mengevaluasi saluran perusahaan. Tahap selanjutnya, yaitu penentuan tujuan, strategi, dan taktik pemasaran digital, didasarkan pada pendekatan 5S Objectives, STP, dan Marketing Mix 4P. Tahap ini menetapkan tujuan pemasaran digital dan cara mencapainya. Tahap actions, melibatkan pembuatan dan pengunggahan konten pada media sosial Instagram. Terakhir, tahap kontrol dilakukan untuk mengevaluasi hasil implementasi dengan membandingkan hasil dengan bulan sebelumnya dan mengukur efektivitas dalam mencapai tujuan. Implementasi strategi pemasaran digital menggunakan metode SOSTAC dan platform Instagram pada Almond Milk by Cemilk berhasil meningkatkan kinerja pemasaran. Pada bulan April 2024, terjadi peningkatan signifikan dalam engagement rate dari 0,21% menjadi 0,32%. Desain pemasaran digital yang diusulkan juga berhasil meningkatkan penjualan sebesar 39,29% dari bulan sebelumnya, menunjukkan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pemasaran produk. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran digital produk sejenis serta memberikan gambaran praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan penjualan, digital marketing, SOSTAC, susu almond
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Nov 2024 16:29
Last Modified: 07 Nov 2024 16:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32811

Actions (login required)

View Item View Item