PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DI UMKM BAKPIA PATHOK BU SUSI

Putri, Louisa Adella Regita (2024) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DI UMKM BAKPIA PATHOK BU SUSI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Louisa Adella Regita Putri)
200610714_Bab 0.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200610714_Bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200610714_Bab 2.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200610714_Bab 3.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
200610714_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
200610714_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
200610714_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
200610714_Bab 7.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UMKM Bakpia Pathok Bu Susi merupakan salah satu produsen bakpia pathok di Yogyakarta. Dalam sehari, Bakpia Pathok Bu Susi dapat memproduksi 3000 sampai 3500 butir bakpia. Akan tetapi, adanya pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya penurunan jumlah penjualan. Pada bulan Maret 2023 sampai Januari 2024, jumlah penjualan bakpia terus mengalami penurunan sehingga tidak dapat mencapai target penjualan sebesar 20 boks per hari atau 600 boks per bulan. Hal ini juga disebabkan salah satunya karena belum adanya strategi pemasaran dan penyebaran informasi yang tepat untuk membantu upaya peningkatan jumlah penjualan produk. Permasalahan terkait belum adanya strategi pemasaran dan penyebaran informasi yang tepat diselesaikan dengan menggunakan kombinasi metode Marketing Mix 7P dan SWOT. Metode Marketing Mix 7P digunakan untuk menganalisis kondisi usaha dari berbagai faktor, sedangkan metode SWOT digunakan untuk menentukan strategi yang tepat untuk diimplementasikan. Penggunaan kedua metode tersebut dilakukan dengan bantuan tools berupa kuesioner. Hasil perancangan menunjukkan terdapat dua strategi pemasaran dan penyebaran informasi yang tepat untuk diimplementasikan. Strategi tersebut adalah melakukan penyebaran informasi dan promosi melalui media sosial instagram dan memanfaatkan Whatsapp sebagai media pemesanan produk. Hasil implementasi strategi promosi menunjukkan adanya perluasan jangkauan pasar yang diperoleh melalui media sosial Instagram. Hal ini dibuktikan dengan adanya jangkauan sebanyak 696 akun dan kunjungan profil sebanyak 426 akun. Hasil implementasi juga dapat meningkatkan jumlah penjualan produk sebesar 22% dari sebelumnya, yaitu peningkatkan rata-rata penjualan dari 18 boks per hari menjadi 22 boks per hari. Kondisi ini membuktikan bahwa strategi pemasaran yang diimplementasikan berupa promosi melalui media sosial instagram mampu meningkatkan jumlah penjualan produk dan mencapai Critical Success Factor yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bakpia pathok, marketing mix, SWOT, strategi pemasaran, promosi
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Nov 2024 19:23
Last Modified: 07 Nov 2024 19:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32817

Actions (login required)

View Item View Item