Putri, Louisa Adella Regita (2024) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DI UMKM BAKPIA PATHOK BU SUSI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Louisa Adella Regita Putri)
200610714_Bab 0.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
200610714_Bab 1.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
200610714_Bab 2.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
200610714_Bab 3.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text
200610714_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
Text
200610714_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
||
Text
200610714_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
200610714_Bab 7.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
UMKM Bakpia Pathok Bu Susi merupakan salah satu produsen bakpia pathok di Yogyakarta. Dalam sehari, Bakpia Pathok Bu Susi dapat memproduksi 3000 sampai 3500 butir bakpia. Akan tetapi, adanya pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya penurunan jumlah penjualan. Pada bulan Maret 2023 sampai Januari 2024, jumlah penjualan bakpia terus mengalami penurunan sehingga tidak dapat mencapai target penjualan sebesar 20 boks per hari atau 600 boks per bulan. Hal ini juga disebabkan salah satunya karena belum adanya strategi pemasaran dan penyebaran informasi yang tepat untuk membantu upaya peningkatan jumlah penjualan produk. Permasalahan terkait belum adanya strategi pemasaran dan penyebaran informasi yang tepat diselesaikan dengan menggunakan kombinasi metode Marketing Mix 7P dan SWOT. Metode Marketing Mix 7P digunakan untuk menganalisis kondisi usaha dari berbagai faktor, sedangkan metode SWOT digunakan untuk menentukan strategi yang tepat untuk diimplementasikan. Penggunaan kedua metode tersebut dilakukan dengan bantuan tools berupa kuesioner. Hasil perancangan menunjukkan terdapat dua strategi pemasaran dan penyebaran informasi yang tepat untuk diimplementasikan. Strategi tersebut adalah melakukan penyebaran informasi dan promosi melalui media sosial instagram dan memanfaatkan Whatsapp sebagai media pemesanan produk. Hasil implementasi strategi promosi menunjukkan adanya perluasan jangkauan pasar yang diperoleh melalui media sosial Instagram. Hal ini dibuktikan dengan adanya jangkauan sebanyak 696 akun dan kunjungan profil sebanyak 426 akun. Hasil implementasi juga dapat meningkatkan jumlah penjualan produk sebesar 22% dari sebelumnya, yaitu peningkatkan rata-rata penjualan dari 18 boks per hari menjadi 22 boks per hari. Kondisi ini membuktikan bahwa strategi pemasaran yang diimplementasikan berupa promosi melalui media sosial instagram mampu meningkatkan jumlah penjualan produk dan mencapai Critical Success Factor yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bakpia pathok, marketing mix, SWOT, strategi pemasaran, promosi |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 19:23 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 19:23 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32817 |
Actions (login required)
View Item |