USULAN PENYELESAIAN MASALAH PENURUNAN JUMLAH PENYEWAAN PADA AUDIOVISUAL.ID

Yoseph, Jemima Davini (2024) USULAN PENYELESAIAN MASALAH PENURUNAN JUMLAH PENYEWAAN PADA AUDIOVISUAL.ID. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Jemima Davini Yoseph)
200610694_Bab 0.pdf

Download (277kB)
[img] Text
200610694_Bab 1.pdf

Download (545kB)
[img] Text
200610694_Bab 2.pdf

Download (551kB)
[img] Text
200610694_Bab 3.pdf

Download (604kB)
[img] Text
200610694_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
200610694_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
200610694_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text
200610694_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
200610694_Bab 8.pdf

Download (768kB)

Abstract

Audiovisual.id merupakan anak perusahaan dari PT Jawara Kreasitama yang memiliki fokus dalam penyewaan peralatan audio visual. Audiovisual.id yang berada di Yogyakarta mengalami penurunan penyewaan pada tahun 2023 sebesar 35,54%. Berdasarkan observasi yang dilakukan dengan mewawancarai pemangku kepentingan, dilakukan pemetaan masalah dan didapatkan hasil akar masalah dengan melewati proses eliminasi menggunakan Matriks Einsenhower yaitu jangkauan pemasaran yang terbatas. Akar masalah tersebut perlu diselesaikan agar terjadi peningkatan penyewaan pada usaha tersebut. Akar masalah jangkauan pemasaran yang terbatas tersebut diselesaikan dengan strategi growth (S-O). Metode yang digunakan adalah Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) dengan bantuan bauran pemasaran Marketing Mix 7P. Tool yang digunakan untuk mengetahui penilaian pelayanan Audiovisual.id dan harapan konsumen dengan kuesioner. Hasil survei menunjukkan bahwa diperlukan pengadaan program loyalitas atau kerja sama keberlanjutan dengan event organizer, sekolah, universitas, dan Lembaga lainnya. Kerja sama berhasil dilakukan dengan 5 vendor di Yogyakarta. Hasil kerja sama tersebut dapat menambah 5 interaksi penyewaan yang akan berlanjut setiap tahunnya. Kerja sama yang disepakati tersebut dapat menunjukkan bahwa dengan memperluas jangkauan dan menetapkan salah satu vendor menjadi konsumen tetap, menghasilkan beberapa transaksi penyewaan tambahan dan meningkatkan jumlah penyewaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penyewaan alat, kontrak kerja sama, SWOT, Marketing Mix 7P
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Nov 2024 10:09
Last Modified: 11 Nov 2024 10:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32825

Actions (login required)

View Item View Item