Evangeli, Monica Valentina (2024) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KIOS POLOS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Monica Valentina Evangeli)
200610766_Bab 0.pdf Download (382kB) |
|
Text
200610766_Bab 1.pdf Download (794kB) |
|
Text
200610766_Bab 2.pdf Download (673kB) |
|
Text
200610766_Bab 3.pdf Download (595kB) |
|
Text
200610766_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
Text
200610766_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
|
Text
200610766_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
200610766_Bab 7.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
200610766_Bab 8.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kios Polos merupakan salah satu UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta yang bergerak di bidang slow fashion. Pakaian slow fashion tidak terpengaruh oleh tren, sehingga lebih mengutamakan fungsi dari produk dan kualitas jangka panjang. Pakaian yang ditawarkan berfokus pada desain model pakaian unisex. Target pelanggan yang dituju oleh Kios Polos terbagi menjadi dua kategori yaitu kelompok dewasa dan remaja. Sejak awal bisnis Kios Polos yaitu bulan Mei 2023 hingga April 2024, pemilik bisnis menyimpulkan bahwa penjualan produk di Kios Polos didominasi dari kelompok pelanggan dewasa. Padahal sebenarnya kelompok remaja terdapat peluang untuk membeli pakaian basic, karena harga relatif terjangkau. Keadaan bisnis pun mengalami penjualan yang stagnan di sekitar Rp4.000.000,00. Oleh karena itu, target peningkatan pendapatan sebesar 12,11% per minggu, jika dibandingkan dari rata-rata pendapatan per minggu bulan Februari 2024 hingga April 2024. Berdasarkan permasalahan tersebut, pada penelitian ini dilakukan penyelesaian dengan merancangan strategi pemasaran. Beberapa langkah solusi yang dipilih meliputi kolaborasi dengan pihak eksternal, penggunaan anggaran secara efisien, perencanaan strategi promosi yang efektif, bundling produk, meningkatkan pelayanan, dan ulasan pelanggan. Proses menjalankan solusi tersebut menggunakan metode Situational Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, Control (SOSTAC). Penelitian yang dilakukan ini berhasil meningkatkan engagement di media sosial Tiktok, tetapi peningkatan pendapatan sebesar 12,11% per minggu, jika dibandingkan dari rata-rata pendapatan per minggu bulan Februari 2024 hingga April 2024 dari hasil implementasi belum tercapai. Hal tersebut disebabkan dari penggunaan strategy soft selling, sehingga waktu evaluasi sebaiknya lebih lama dari dua minggu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | slow fashion, pakaian, SOSTAC, engagement. |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 10:57 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 10:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32830 |
Actions (login required)
View Item |