PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI DI CV. KARYA WAHANA SENTOSA

Ferdinand, Rio (2024) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI DI CV. KARYA WAHANA SENTOSA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Rio Ferdinand)
200610812_Bab 0.pdf

Download (334kB)
[img] Text
200610812_Bab 1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
200610812_Bab 2.pdf

Download (317kB)
[img] Text
200610812_Bab 3.pdf

Download (579kB)
[img] Text
200610812_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
200610812_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
200610812_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
200610812_Bab 7.pdf

Download (515kB)

Abstract

CV. Karya Wahana Sentosa merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi produk furniture, tableware, kitchenware, dan jasa interior design. Strategi bisnis yang diterapkan oleh KWaS adalah Business to Business (B2B) dengan target market perusahaan nasional dan internasional. Saat ini, produk yang paling diminati oleh konsumen dalam negeri dan rutin diproduksi oleh CV. Karya Wahana Sentosa adalah produk kitchenware. salah satu konsumen tetap dan terbesar CV. Karya Wahana Sentosa adalah PT. Superindo. Setiap tahun, PT. Superindo memesan rata-rata 70.801 pcs produk kitchenware. Pada bulan Oktober 2023 PT. Superindo ingin mengeliminasi sepuluh dari dua belas produk yang ada. Dampak dari pengeliminasian produk oleh PT. Superindo terhadap CV. Karya Wahana Sentosa adalah penurunan penjualan produk sebesar 44,3%. Penelitian ini memiliki tujuan agar CV. Karya Wahana Sentosa mendapatkan konsumen baru dan berhasil menjual produk sebanyak minimal 500 pcs kepada konsumen baru. Solusi terpilih adalah melakukan pengembangan produk talenan dan perancangan produk rak serta sake tray menggunakan metode kreatif. Metode kreatif digunakan karena dapat menghasilkan ide-ide inovatif berdasarkan kreativitas. Hasil prototype dalam penelitian ini adalah rancangan produk talenan, rak, dan sake tray. Produk yang menjadi pilihan konsumen adalah talenan. Bedasarkan pilihan tersebut, maka akan diproduksi sampel talenan yang akan dikirimkan ke Jepang. Konsumen menyetujui produk sampel dan proses produksi kemudian dilakukan. Konsumen telah memesan 1000 pcs produk talenan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Kreatif, Perancangan Produk, Pengembangan Produk
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Nov 2024 11:49
Last Modified: 11 Nov 2024 11:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32836

Actions (login required)

View Item View Item