PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI PADA RORI KONVEKSI UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN

Yanti, Oktaviana Febri (2024) PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI PADA RORI KONVEKSI UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Oktaviana Febri Yanti)
200610958_Bab 0.pdf

Download (977kB)
[img] Text
200610958_Bab 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
200610958_Bab 2.pdf

Download (432kB)
[img] Text
200610958_Bab 3.pdf

Download (436kB)
[img] Text
200610958_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
200610958_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
200610958_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
200610958_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
200610958_Bab 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
200610958_Bab 9.pdf

Download (790kB)

Abstract

RORI Konveksi merupakan salah satu UMKM yang didirikan pada tahun 2017 dan bergerak di bidang konveksi di Yogyakarta. Permasalahan yang terdapat pada UMKM tersebut adalah penurunan penjualan yang terjadi pada bulan September 2023 hingga Februari 2024. Masalah penurunan penjualan disebabkan oleh skala pemasaran yang belum meluas. Berdasarkan data hasil penjualan pada tahun 2022 dan 2023 dilakukan perhitungan dengan menggunakan analisis Matriks Boston Consulting Group (BCG) yang menghasilkan posisi konveksi pada question mark. Melalui hasil analisis matriks BCG diperlukan strategi untuk mengatasi permasalahan yang ada untuk memperluas pangsa pasar dan analisis SWOT Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi keadaan internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) suatu organisasi atau proyek. Selanjutnya dilakukan analisis menggunakan mix marketing atau bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi untuk mendapatkan solusi yang akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi konveksi dan atribut yang terpilih adalah promosi dan dilanjutkan dengan dilakukan pemilihan metode yang digunakan dengan melakukan diskusi bersama stakeholders didapatkan hasil dengan menggunakan metode sosial media marketing Instagram. Implementasi dilakukan selama satu bulan dimulai dari perancangan strategi promosi dengan membuat akun media sosial Instagram, titik lokasi Google Maps, linktree, kalender konten, dan konten yang akan diunggah dibuat menggunakan media Canva. Hasil dari implementasi yang dilakukan didapatkan pesanan melalui promosi media Instagram sebesar Rp 3.540.000. Selain itu setelah dilakukan implementasi terjadi peningkatan penjualan 17% dari yang awalnya berkisar Rp 15.530.000 menjadi Rp 18.095.000 sehingga dengan menggunakan media promosi Instagram meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penurunan penjualan, matriks BCG, SWOT, mix marketing, sosial media marketing
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:29
Last Modified: 12 Nov 2024 08:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32844

Actions (login required)

View Item View Item