USULAN PERANCANGAN PROSES BISNIS DAN DISTRIBUSI UNTUK PENGEMBANGAN PASAR PERUSAHAAN TEMPE

Hutabarat, Zefanya Suci Putra (2024) USULAN PERANCANGAN PROSES BISNIS DAN DISTRIBUSI UNTUK PENGEMBANGAN PASAR PERUSAHAAN TEMPE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Zefanya Suci Putra Hutabarat)
200610962_Bab 0.pdf

Download (323kB)
[img] Text
200610962_Bab 1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
200610962_Bab 2.pdf

Download (441kB)
[img] Text
200610962_Bab 3.pdf

Download (400kB)
[img] Text
200610962_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
200610962_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
200610962_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
200610962_Bab 7.pdf

Download (700kB)

Abstract

PT Tempe Muchlar merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi Tempe Murni yang bernama Tempe Muchlar yang berlokasi di Desa Luwotan, Kasihan, Janten, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rancangan usulan penyelesaian permasalahan pengembangan area pemasaran Tempe Muchlar di kota Solo tanpa memerlukan investasi bangunan di Solo serta menjaga masa hidup tempe selama pengiriman dari Yogyakarta ke Solo. Menggunakan teknik sampling Convenience sampling, penelitian ini berhasil mendapatkan perancangan rute distribusi pengiriman tempe ke Solo dengan menggunakan Time Window Rute 2. Identifikasi akar masalah mengungkap bahwa pengembangan pemasaran di Solo terhambat karena kurangnya SDM yang mumpuni dalam melakukan pengembangan pemasaran dan tidak adanya perancangan dalam melakukan pengembangan pemasaran yang didasari oleh kurangnya SDM yang mumpuni dalam melakukan pengembangan pasar di kota Solo. Diskusi dengan stakeholder menghasilkan solusi berupa perancangan sistem pengembangan pemasaran yang berfokus pada aktivitas (proses bisnis) dan perancangan jaringan distribusi. Perancangan sistem dengan fokus pada aktivitas (proses bisnis) memerlukan 4 divisi untuk perluasan area pemasaran di Solo, sementara perancangan jaringan distribusi menghasilkan rute distribusi yang dapat diimplementasikan menggunakan Time Window Rute 2. Usulan perancangan solusi ini memenuhi Critical Success Factors pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tempe, Perancangan, Rute Distribusi, Time Window, Proses Bisnis, Pengembangan Pemasaran
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:35
Last Modified: 12 Nov 2024 08:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32845

Actions (login required)

View Item View Item