STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YANG DILAKUKAN OLEH TIM CHEAP PAJAMAS PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @CHEAPPAJAMAS

Vindy, Vicinsky (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YANG DILAKUKAN OLEH TIM CHEAP PAJAMAS PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @CHEAPPAJAMAS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Vicinsky Vindy)
170906436_Bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
170906436_Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
170906436_Bab 2.pdf

Download (797kB)
[img] Text
170906436_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
170906436_Bab 4.pdf

Download (936kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang ditandai dengan adanya pemanfaatan media digital diketahui telah membangkitkan pertumbuhan pasar yang seiring dengan banyaknya kemunculan pelaku usaha di Indonesia. Kehadiran UMKM di Indonesia mendorong industri untuk mengandalkan keahlian para pelaku usaha. Salah satunya adalah bidang fashion, dalam bentuk baju tidur atau piyama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui strategi yang dilakukan oleh akun @cheappajamas melalui media sosial Instagram untuk memasarkan produknya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif dipilih karena sangat cocok untuk menjawab pertanyaan yang berfokus pada pertanyaan siapa, apa, dan di mana peristiwa atau pengalaman terjadi dan mendapatkan data langsung dari informan mengenai fenomena yang kurang dipahami dengan harapan dapat menghasilkan informasi yang empiris dan factual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran dan bauran pemasaran oleh Kotler dan Keller (2016). Data dalam penelitian ini didapatkan dari observasi media sosial @cheappajamas serta wawancara Bersama Pemilik/owner, Digital Marketing serta Social Media Specialist dari Cheap Pajamas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh @cheappajamas memuat 4 hal, yaitu pemanfaatan fitur yang ada di Instagram, promosi menggunakan Key opinion leader, pengelolaan konten produk yang konsisten, serta mengadakan giveaway. Strategi ini mampu mempengaruhi target pasaranya untuk melakukan pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, UMKM, Fashion, Media Sosial Instagram, Cheap pajamas
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Nov 2024 08:03
Last Modified: 25 Nov 2024 08:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32940

Actions (login required)

View Item View Item