POLA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN KONVENSIONAL OLEH PENDUDUK DI KABUPATEN CILACAP

Paramitha, Grace (2024) POLA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN KONVENSIONAL OLEH PENDUDUK DI KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Grace Paramitha)
180906496_Bab 0.pdf

Download (783kB)
[img] Text
180906496_Bab 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
180906496_Bab 2.pdf

Download (45kB)
[img] Text
180906496_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
180906496_Bab 4.pdf

Download (703kB)

Abstract

Proses komunikasi membutuhkan adanya media untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan. Khalayak juga dapat mencari informasi yang mereka butuhkan maupun mereka inginkan melalui penggunaan media, baik media digital maupun konvensional. Media digital meliputi video streaming/televisi streaming, layanan musik digital/radio streaming, media sosial, dan portal berita online (website). Sementara media konvensional meliputi televisi, radio, dan koran/majalah cetak. Berdasarkan survei Nielsen tahun 2017 lalu, Generasi Z, Generasi Milenial, Generasi X, dan Generasi Baby Boomers memiliki porsi yang berbeda dalam penggunaan media digital dan konvensional. Di samping itu, media digital juga terus mengalami pertumbuhan pengguna sedangkan media konvensional tidak banyak mengalami perubahan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan media digital dan konvensional oleh penduduk di Kabupaten Cilacap. Teori uses and gratification digunakan sebagai teori utama untuk mendukung penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan satu variabel (variabel tunggal) yaitu pola penggunaan media. Data diperoleh melalui metode survei berupa kuesioner dengan subjek penelitian adalah penduduk yang ada di Kabupaten Cilacap. Sampel penelitian berjumlah 100 orang responden yang diperoleh dengan teknik sampling purposive. Data yang sudah didapatkan tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel serta grafik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam pola penggunaan media digital dan media konvensional pada penduduk Generasi Z, Generasi Milenial, Generasi X, dan Generasi Baby Boomers yang ada di Kabupaten Cilacap. Penduduk di Kabupaten Cilacap cenderung lebih banyak menggunakan media digital terutama media sosial Youtube dan Instagram untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan dan informasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa teori uses and gratification relevan dengan fenomena pola penggunaan media ini karena khalayak bersifat aktif dan dapat menggunakan media secara bebas sesuai kebutuhannya. Pola penggunaan media yang berbeda juga turut menunjukkan bahwa setiap individu memiliki tingkat yang berbeda-beda dalam aktivitas penggunaan media tergantung kepentingan masing-masing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Penggunaan Media, Media Digital, Media Konvensional, Uses and Gratification
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Nov 2024 10:19
Last Modified: 25 Nov 2024 10:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32943

Actions (login required)

View Item View Item