Sitorus, Aretha Elizabeth Kinayang (2024) PENGARUH TERPAAN IKLAN TOSTOS VERSI NCT DREAM DI INSTAGRAM DAN SIKAP FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM TOSTOS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Aretha Elizabeth Kinayang Sitorus)
180906667_Bab 0.pdf Download (855kB) |
|
Text
180906667_Bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
180906667_Bab 2.pdf Download (818kB) |
|
Text
180906667_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (994kB) |
|
Text
180906667_Bab 4.pdf Download (1MB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang terpengaruh oleh fenomena korean wave atau K- Pop. Fenomena K-Pop ini kemudian memengaruhi berbagai macam aspek, seperti industri makanan. Tingginya permintaan makanan, khususnya makanan ringat membuat produsen makanan berlomba-lomba untuk meningkatkan produk makanannya, seperti PT. Dua Kelinci. Salah satu produk PT. Dua Kelinci adalah TosTos Tortilla Chips yang baru muncul pada September 2022. Sebagai cemilan yang terbilang baru, TosTos tortilla chips mengambil peluang dengan memanfaatkan fenomena K-Pop yang sedang ramai di Indonesia. Dalam hal ini, TosTos bekerja sama dengan NCT DREAM, sebuah boygroup asal Korea Selatan. Kerja sama TosTos dan NCT DREAM menuai antusiasme diantara masyarakat. Kolaborasi keduanya ini dipublikasikan di berbagai media, salah satunya media sosial Instagram TosTos. Ketika kolaborasi ini di publikasikan di Instagram TosTos, terdapat perubahan drastis yang terjadi pada Instagram TosTos. Akun Instagram TosTos tersebut mengalami peningkatan jumlah tayangan, jumlah like, dan jumlah komentar. Melihat fenomena ini, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terpaan iklan TosTos versi NCT DREAM di Instagram dan sikap followers akun Instagram TosTos terhadap keputusan pembelian dilihat melalui teori model AISAS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif deskriptif dengan metode pengumpulan dari melalui survei kuesioner (Google Form) yang disebarkan melalui direct message Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan iklan TosTos versi NCT DREAM di Instagram dan sikap followers akun Instagram TosTos terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan uji korelasi dengan nilai 0,358 yang artinya adanya hubungan antara variabel terpaan iklan terhadap sikap dan nilai 0,758 yang artinya adanya hubungan yang kuat antara variabel sikap terhadap keputusan pembelian serta uji regresi menunjukkan keputusan pembelian = 0,623+0,019 terpaan iklan+ 0,867 sikap yang berarti apabila terpaan iklan TosTos versi NCT DREAM meningkat, maka meningkat pula sikap dan keputusan pembelian followers. Penelitian ini pun menunjukkan bahwa followers akun Instagram TosTos ketika terterpa iklan TosTos versi NCT DREAM tergerak sikapnya yang kemudian menimbulkan pembelian terhadap produk TosTos sesuai dengan teori dalam model AISAS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Iklan, Model AISAS, Sikap, Keputusan Pembelian |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 10:32 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 10:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32945 |
Actions (login required)
View Item |