PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA BRAND POSITIONING BERDIKARI BOOK (Studi Deskriptif Kualitatif pada akun Instagram @berdikaribook)

Adi, Bagus Wijanarko (2024) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA BRAND POSITIONING BERDIKARI BOOK (Studi Deskriptif Kualitatif pada akun Instagram @berdikaribook). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Bagus Wijanarko Adi)
190906891_Bab 0.pdf

Download (327kB)
[img] Text
190906891_Bab 1.pdf

Download (472kB)
[img] Text
190906891_Bab 2.pdf

Download (372kB)
[img] Text
190906891_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190906891_Bab 4.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis brand positioning Berdikari Book melalui akun Instagram @berdikaribook. Berdikari Book telah menjadi toko buku online terbesar di Indonesia dan dapat bersaing dengan toko-toko buku besar lainnya, seperti Gramedia, Togamas hingga Periplus. Berdikari Book memanfaatkan media sosial Instagram melalui akun @berdikaribook untuk mengupayakan brand positioning-nya di mata konsumen. Akun media sosial Instagram @berdikaribook mengajak pengikut untuk memulai membaca melalui tagar #BacaAjaDulu. Ajakan tersebut berangkat dari permasalahan yaitu minat baca masyarakat Indonesia terus menurun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara lebih mendalam mengenai brand positioning keunikan Berdikari Book sehingga dapat bersaing dengan toko buku lainnya dengan menggunakan akun Instagram @berdikaribook melalui tagar #BacaAjaDulu. Konsep positioning sebuah merek didasarkan pada asumsi bahwa konsumen memiliki persepsi yang berbeda-beda pada informasi yang disampaikan oleh perusahaan sehingga akan muncul posisi merek di benak konsumen sehingga memunculkan konsistensi persepsi konsumen (Heding, et.al., 2009). Pada penelitian ini, positioning Berdikari Book yang ingin digali melalui unggahan Instagramnya yakni @berdikaribook. Positioning BerdikariBook sebagai toko buku online yang mempromosikan merek dan produknya melalui mediasosial sehingga dapat dilihat oleh konsumen bagaimana posisi Berdikari Book sebagai tokobuku dengan kompetitornya di media sosial. Peneliti mendapatkan data dengan melakukan wawancara kepada owner Berdikari Book yakni Dana Gumilar, karyawan Berdikari Book, dan pelanggan lama serta pelanggan baru. Triangulasi data pada penelitian ini diperoleh dengan melalui metode triangulasi sumber dengan adanya 4 narasumber pada penelitian ini. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa penggunaan Instagram oleh Berdikari Book didasari alasan karena media sosial tersebut adalah platform yang besar dengan pengguna aktif dengan jangkauan yang luas. Upaya penggunaan Instagram @berdikaribook sebagai media promosi dan pengenalan untuk meningkatkan brand positioning dilakukan melalui pengunggahan konten-konten, maupun pemanfaatan fitur yang ada. Konten-konten tersebut diantaranya konten rekomendasi buku, konten ulasan buku, hingga ajakan membaca melalui tagar #BacaAjaDulu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Positioning, Berdikari Book, Instagram, #BacaAjaDulu
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:11
Last Modified: 25 Nov 2024 11:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32949

Actions (login required)

View Item View Item