IMPLEMENTASI KOMUNIKASI CSR PT. FREEPORT INDONESIA PADA PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT SUKU AMUNGME

Kinasih, Nadine Miracle (2024) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI CSR PT. FREEPORT INDONESIA PADA PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT SUKU AMUNGME. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Nadine Miracle Kinasih)
190906999_Bab 0.pdf

Download (640kB)
[img] Text
190906999_Bab 1.pdf

Download (470kB)
[img] Text
190906999_Bab 2.pdf

Download (257kB)
[img] Text
190906999_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
190906999_Bab 4.pdf

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana PT. Freeport Indonesia mengimplementasikan komunikasi corporate social responsibility (CSR) dalam program pendidikan bagi masyarakat Suku Amungme. Program CSR, khususnya program pendidikan ini menjadi salah satu cara menjawab persoalan mengenai kualitas pendidikan bagi generasi muda masyarakat Suku Amungme. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi komunikasi CSR yang diterapkan oleh PT. Freeport Indonesia dalam mengelola hubungan dengan komunitas lokal, khususnya masyarakat Suku Amumngme melalui program CSR di bidang pendidikan. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan dua karyawan PT. Freeport Indonesia pada Department Community Affairs dan dua anak masyarakat Suku Amungme sebagai penerima program beasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Freeport Indonesia menerapkan implementasi komunikasi yang melibatkan pemangku kepentingan lokal dalam perencanaan dan pelaksanaan program CSR. PT. Freeport Indonesia juga memanfaatkan media komunikasi untuk mendukung penyampaian program pendidikan kepada masyarakat Suku Amungme. Implementasi komunikasi CSR berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan serta memperkuat hubungan antara perusahaan dan komunitas lokal. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan lain dalam mengembangkan dan mengimplementasikan program CSR yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat. Studi ini menyoroti pentingnya komunikasi yang terbuka dan partisipasi dalam program corporate social responsibility untuk membangun kepercayaan dan dukungan dari komunitas lokal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Komunikasi CSR, Program CSR, Community Relations
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:55
Last Modified: 25 Nov 2024 11:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32953

Actions (login required)

View Item View Item