PENGARUH KONTEN TIKTOK TERHADAP NIAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE DESTINASI YOGYAKARTA

Sari, Husna Tiara Dayu (2024) PENGARUH KONTEN TIKTOK TERHADAP NIAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE DESTINASI YOGYAKARTA. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Husna Tiara Dayu Sari)
225027233_Bab 0.pdf

Download (382kB)
[img] Text
225027233_Bab 1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
225027233_Bab 2.pdf

Download (915kB)
[img] Text
225027233_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
225027233_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
225027233_Bab 5.pdf

Download (902kB)

Abstract

Dalam lanskap digital saat ini, platform media sosial seperti TikTok semakin mempengaruhi keputusan wisatawan dalam memilih destinasi. Penelitian ini mengeksplorasi dampak TikTok terhadap niat berkunjung ke Yogyakarta, dengan fokus pada generasi milenial dan Z, untuk memahami bagaimana persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan hiburan dari konten TikTok memengaruhi sikap pengguna dan niat kunjungan mereka, serta dampaknya terhadap minat mereka untuk mengunjungi Yogyakarta. Berbeda dari studi sebelumnya seperti yang dilakukan oleh Wang et al., yang berfokus pada Universal Studios Beijing dengan responden dari Cina, penelitian ini menitikberatkan pada Yogyakarta dan melibatkan responden Indonesia. Penelitian ini juga membatasi responden pada generasi milenial dan Z, berbeda dari studi Wang et al. yang tidak membatasi usia responden. Menggunakan survei kuantitatif dengan purposive sampling, data dikumpulkan dari 159 pengguna aktif TikTok melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten TikTok yang informatif, menghibur, dan mudah diakses memiliki dampak positif yang signifikan terhadap niat berkunjung ke Yogyakarta, terutama melalui persepsi kegunaan, hiburan, dan kemudahan penggunaan. Temuan ini menunjukkan bahwa sikap positif terhadap TikTok berkontribusi besar pada niat wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta. Implikasi praktis mencakup pembuatan konten berkualitas tinggi, kolaborasi dengan influencer, dan penggunaan fitur iklan TikTok untuk meningkatkan minat berkunjung

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Generasi Milenial & Z, Yogyakarta, Niat Berkunjung
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Dec 2024 12:39
Last Modified: 11 Dec 2024 12:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33170

Actions (login required)

View Item View Item