MODEL ANALITIK DATA INTERNAL UNTUK PENGEMBANGAN PROGRAM PEMASARAN PERGURUAN TINGGI

Adrianto, Ega (2024) MODEL ANALITIK DATA INTERNAL UNTUK PENGEMBANGAN PROGRAM PEMASARAN PERGURUAN TINGGI. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Ega Adrianto)
215611583_Bab 0.pdf

Download (143kB)
[img] Text
215611583_Bab 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
215611583_Bab 2.pdf

Download (254kB)
[img] Text
215611583_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
215611583_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
215611583_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
215611583_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
215611583_Bab 7.pdf

Download (289kB)

Abstract

Salah satu faktor penentu kualitas perguruan tinggi adalah kualitas mahasiswanya, dan hal tersebut erat kaitannya dengan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. Jumlah calon mahasiswa harus diupayakan sebanyak mungkin untuk mendapatkan hasil seleksi yang baik, melalui upaya pemasaran yang efektif. Penelitian-penelitian terdahulu mengenai pemasaran perguruan tinggi pada umumnya berbasis survei pada masyarakat, calon mahasiswa, atau stakeholders terkait lainnya. Sejauh yang dapat ditinjau, belum ada yang membahas data internal perguruan tinggi, meskipun dalam praktik pemasaran perguruan tinggi data tersebut mungkin telah digunakan. Sementara itu data internal perguruan tinggi yang berasal dari data penerimaan mahasiswa baru dan data akademik mahasiswa, apabila dikaitkan, dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas pemasaran perguruan tinggi. Penelitian ini merancang sebuah model analitik data internal untuk pengembangan program pemasaran perguruan tinggi, melalui studi kasus pada Universitas Teknologi Digital Indonesia. Dalam penelitian ini data asal daerah, asal sekolah, jurusan pada sekolah asal, dan jalur masuk mahasiswa yang diambil dari data penerimaan mahasiswa baru, dihubungkan dengan data indeks prestasi mahasiswa yang diambil dari data akademik mahasiswa, dengan analisis korespondensi. Jenis data yang dianalisis melalui studi kasus di atas terbatas karena keterbatasan jenis dan integrasi data pada kasus yang ditinjau. Namun, model analitik yang dirancang dalam penelitian ini dapat digunakan pada semua jenis data sejauh data tersebut dapat dihubungkan dan disinkronisasi. Model analitik yang dihasilkan dapat menjadi alat bantu bagi pengambil kebijakan pemasaran perguruan tinggi untuk merancang program pemasaran yang efektif, karena memberikan informasi misalnya daerah, sekolah, atau jalur masuk yang berpotensi menyumbangkan calon mahasiswa yang berkualitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analitik data, model, pemasaran, perguruan tinggi, data internal
Subjects: Magister Teknik Industri > Business Analytics
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Dec 2024 10:09
Last Modified: 13 Dec 2024 10:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33203

Actions (login required)

View Item View Item