PENGARUH NAMA MEREK DENGAN KOMBINASI ANGKA TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN ETNIS CINA DAN ETNIS JAWA DI YOGYAKARTA

Putro, Ignatius Satrio (2013) PENGARUH NAMA MEREK DENGAN KOMBINASI ANGKA TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN ETNIS CINA DAN ETNIS JAWA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM17556.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM17556.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM17556.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM17556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM17556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM17556.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis perbedaan angka keberuntungan masyarakat Jawa dan Cina dan pengaruh nama merek dengan kombinasi angka terhadap persepsi konsumen etnis Cina dan etnis Jawa di Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini antara lain : ada perbedaan angka keberuntungan antara masyarakat Jawa dan Cina (H1) dan Nama merek dengan kombinasi angka akan mempengaruhi persepsi konsumen atas sebuah produk (H2). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga keturunan Tionghoa dan keturunan Jawa di Yogyakarta. Jumlah sampel sebanyak 200 orang, 100 orang keturunan Tionghoa dan 100 orang keturunan Jawa. Dengan menggunakan non – probabilitas atau sampel tidak acak, teknik penentuan sampel yang dilakukan peneliti pada penelitian ini adalah judgment sampling. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan angka keberuntungan dan pengaruh pengaruh gaya nama merek dengan kombinasi angka terhadap persepsi adalah SPSS 15.0 for Windows dengan analisis regresi linier sederhana dan uji beda. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, Hasil uji T menunjukkan bahwa Hasil uji beda angka keberuntungan masyarakat Cina dan Jawa dengan untuk Paired Sample menunjukkan nilai t-stat = 2,196 dengan Sig (I-tailed) = 0,015 pada α = 0,05, artinya ada perbedaan antara angka keberuntungan masyarakat Cina dan Jawa ini menggambarkan bahwa hipotesis null dapat ditolak. Berdasarkan nilai mean difference pada tabel t-test terlihat perbedaan rata-rata adalah sebesar 1,0400. Artinya ada perbedaan antara angka keberuntungan masyarakat Cina dan Jawa. Hasil regresi diperoleh angka koefisien korelasi (R) sebesar 0,861 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel nama merek dengan kombinasi angka terhadap variabel persepsi konsumen. Uji F diperoleh F hitung sebesar 649,463 dengan tingkat signifikansi 0,000 (649,463 > 3,29 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05), maka Ha diterima maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel persepsi konsumen. Dengan kata lain, variabel nama merek dengan kombinasi angka mempengaruhi variabel persepsi konsumen. Pada nilai t hitung > t tabel dan nilai probabilitas < nilai alpha (25,485 > 1,980 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0.05 untuk regresi antara variabel nama merek dengan kombinasi angka maka H1 dan H2 diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: angka keberuntungan, nama merek dengan kombinasi angka, persepsi konsumen
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jul 2013 08:53
Last Modified: 23 Jul 2013 08:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item