PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN TIKET BIOSKOP DENGAN METODE DESIGN THINKING

Azriel, Daniel Abel (2024) PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN TIKET BIOSKOP DENGAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya.

[img] Text (DANIEL ABEL AZRIEL)
200710774_bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
200710774_bab 1.pdf

Download (702kB)
[img] Text
200710774_bab 2.pdf

Download (575kB)
[img] Text
200710774_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
200710774_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
200710774_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
200710774_bab 6.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode pemesanan tiket bioskop secara digital telah menjadi pilihan umum bagi masyarakat dengan kesederhanaan proses dan kemudahan yang diberikan. Telah tersedia berbagai macam aplikasi yang dapat masyarakat gunakan seperti M.Tix, Tix.Id, dan CGV Cinemas Indonesia. Pengujian aplikasi M.Tix menggunakan user experience questionnaire (UEQ) menunjukan performa yang kurang baik dan membutuhkan banyak peningkatan untuk dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Kekurangan tersebut memberikan peluang untuk merancang aplikasi pemesanan tiket bioskop yang lebih baik. Perancangan eksperimen ini menggunakan lima fase metode Design Thinking dengan penilaian terhadap enam aspek UEQ. Lima fase Design Thinking yaitu, problem definiton and redefinition, need finding and sythesis, ideation, prototype, dan testing. Enam aspek yang dinilai berupa, Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, dependabillity, Stimulation, dan Novelty. Eksperimen ini akan menguji performa user experience M.Tix, Tix.Id, dan CGV Cinemas Indonesia dengan metode UEQ yang akan dibandingkan dengan hasil final rancangan antarmuka aplikasi. Perbandingan ini yang akan menentukan apakah eskperimen ini dianggap berhasil atau tidak. Eksperimen ini menghasilkan satu buah prototipe aplikasi pemesanan tiket bioskop yang berhasil memberikan skor terbaik pada keenam aspek UEQ saat dibandingkan dengan aplikasi M.Tix, Tix.Id, dan CGV Cinemas Indonesia. Eksperimen dengan metode Design Thinking ini terbukti berhasil memberikan rancangan prototipe yang dapat memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Ke-lima aspek UEQ berhasil masuk dalam kategori excellent yaitu pada aspek Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, dependablity, dan Stimulation. Dan satu aspek masuk dalam kategori good yaitu aspek Novelty.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: antarmuka, Design Thinking, UEQ, aplikasi pemesanan tiket bioskop.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Jan 2025 10:46
Last Modified: 06 Jan 2025 10:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33336

Actions (login required)

View Item View Item