Mahardhika, Rakai Anandhi (2024) PENERAPAN METODE USER CENTERED DESIGN DALAM ANALISIS DAN REKONSTRUKSI ANTARMUKA WEBSITE KKN UAJY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya.
Text (Rakai Anandhi Mahardhika)
200710914_bab 0.pdf Download (926kB) |
|
Text
200710914_bab 1.pdf Download (461kB) |
|
Text
200710914_bab 2.pdf Download (416kB) |
|
Text
200710914_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
Text
200710914_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
200710914_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
200710914_bab 6.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program wajib yang dilaksanakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Seiring berjalannya waktu, kegiatan KKN ini membutuhkan media yang menjadi pusat informasi dan membantu teknis pelaksanaan program tersebut. Menanggpai hal tersebut, UAJY telah membuat website sistem informasi KKN untuk membantu pelaksanaan KKN mereka. Meskipun begitu, mahasiswa UAJY menghadapi hambatan dalam hal pengalaman pengguna website KKN yang mereka gunakan. Hal tersebut tampak berdasarkan hasil survei usability menggunakan User Experience Questionnaire Short (UEQ-S), website KKN UAJY memperoleh nilai rata-rata -0,81, dengan skala kualitas pragmatis sebesar -0,44 dan skala kualitas hedonis sebesar -1,18, yang dikategorikan sebagai Bad. Hasil ini menunjukkan bahwa pengalaman pengguna pada website tersebut kurang memuaskan, sehingga pengguna merasa kurang terbantu dalam melaksanakan kegiatan KKN. Oleh karena itu, dilakukan perancangan ulang website KKN UAJY menggunakan metode User Centered Design (UCD). Proses perancangan melibatkan beberapa tahapan, yaitu memahami konteks penggunaan, menetapkan kebutuhan pengguna, merancang solusi, mengevaluasi solusi terhadap kebutuhan, implementasi frontend, dan pengujian ulang usability menggunakan UEQ-S terhadap desain baru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam usability website. Penilaian ulang menggunakan UEQ-S pada desain baru menghasilkan nilai rata-rata sebesar 1,929, yang masuk dalam kategori Excellent, dengan skala kualitas hedonis sebesar 1,967 dan skala kualitas pragmatis sebesar 1,892. Hasil ini menunjukkan bahwa perancangan ulang telah berhasil meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal penggunaan website KKN UAJY.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KKN, User Experience, User Centered Design |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 13:34 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 13:34 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33353 |
Actions (login required)
View Item |