Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif pada TikTok Live Streaming

Rante, Elza Miyori Toding (2025) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif pada TikTok Live Streaming. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Elza Miyori Toding Rante)
235312462_Bab 0.pdf

Download (307kB)
[img] Text
235312462_Bab 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
235312462_Bab 2.pdf

Download (592kB)
[img] Text
235312462_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
235312462_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
235312462_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
235312462_Bab 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era digital, live streaming pada platform TikTok telah menjadi alat pemasaran yang efektif untuk mendorong perilaku pembelian impulsif (impulsive buying). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor deal proneness, interactivity, dan perceived enjoyment terhadap impulsive buying dengan menerapkan teori Stimulus-Organism-Response (SOR). Faktor deal proneness mencerminkan kepekaan konsumen terhadap penawaran khusus, sementara interactivity menyoroti peran komunikasi langsung antara penjual dan konsumen yang meningkatkan keterlibatan emosional. Faktor-faktor tersebut diasumsikan meningkatkan perceived enjoyment, yang menjadi mediator dalam hubungan terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sebanyak 281 responden dari Generasi Z yang telah bertransaksi melalui TikTok live streaming berpartisipasi dalam survei daring. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa deal proneness dan interactivity berpengaruh positif signifikan terhadap perceived enjoyment, yang kemudian berdampak signifikan terhadap impulsive buying. Selain itu, kedua faktor tersebut juga secara langsung memengaruhi keputusan pembelian impulsif. Hasil penelitian ini memberikan wawasan teoretis dan praktis. Secara teoretis, penelitian ini memperluas penerapan teori SOR dalam social commerce. Secara praktis, penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pemasar untuk memanfaatkan live streaming TikTok sebagai platform yang efektif dalam mendorong pembelian impulsif dengan strategi promosi yang menekankan pada penawaran menarik dan interaksi yang intensif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TikTok, live streaming, impulsive buying, deal proneness, interactivity, perceived enjoyment, teori SOR
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 28 Feb 2025 09:44
Last Modified: 28 Feb 2025 09:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33580

Actions (login required)

View Item View Item