PENGGUNAAN SIMBOL-SIMBOL VERBAL DAN NON VERBAL DALAM KOMUNIKASI PERSUASIF HOST LIVE STREAMING TIKTOK SHOP

Djamal, Nurasni (2024) PENGGUNAAN SIMBOL-SIMBOL VERBAL DAN NON VERBAL DALAM KOMUNIKASI PERSUASIF HOST LIVE STREAMING TIKTOK SHOP. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Nurasni Djamal)
225508160_Bab 0.pdf

Download (717kB)
[img] Text
225508160_Bab 1.pdf

Download (517kB)
[img] Text
225508160_Bab 2.pdf

Download (654kB)
[img] Text
225508160_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
225508160_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
225508160_Bab 5.pdf

Download (683kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dengan kehadiran e-commerce berbasis live streaming yang berkembang pesat kini mengubah lanskap interaksi antara konsumen dengan penjual dan menciptakan kebutuhan akan strategi komunikasi efektif agar dapat mempengaruhi keputusan pembelian audiens. Host live streaming berperan dalam proses komunikasi persuasi untuk mempengaruhi audiens dengan menggunakan simbol-simbol verbal dan nonverbal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan simbol-simbol verbal dan nonverbal dalam komunikasi persuasif host live streaming Tiktok Shop. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa host menggunakan simbol-simbol verbal dan nonverbal pada tahapan awal live, tahapan penjelasan produk, dan tahapan penutupan live. Penggunaan simbol-simbol verbal seperti, bahasa informal dan frasa persuasif dan simbol-simbol nonverbal seperti ekspresi wajah, kontak mata, gerakan tangan, gestur tubuh, intonasi nada suara, dan try on produk, membantu menegaskan pesan verbal dan menarik perhatian audiens. Namun, ada perbedaan penggunaan simbol-simbol verbal dan nonverbal antara host satu dengan host lainnya. Perbedaan itu meliputi penggunaan baik verbal maupun nonverbal tergantung perbedaan pada produk yang mereka promosikan. Selain itu, adanya tantangan yang dihadapi oleh host ketika live streaming dan cara mereka menghadapi dengan menggunakan simbol verbal maupun simbol nonverbal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif, simbol verbal, simbol nonverbal, host, live streaming
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Mar 2025 09:05
Last Modified: 07 Mar 2025 09:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33659

Actions (login required)

View Item View Item