Putra, Christian Immanuel Mardi (2024) PENGARUH ONLINE TRUST TERHADAP ONLINE REPURCHASE INTENTION PADA TIKTOK SHOP DI INDONESIA. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Christian Immanuel Mardi Putra)
225027222_Bab 0.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
225027222_Bab 1.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
225027222_Bab 2.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text
225027222_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
![]() |
Text
225027222_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
225027222_Bab 5.pdf Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat telah secara signifikan memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk aktivitas bisnis. E-commerce muncul sebagai strategi adaptasi utama bagi bisnis dalam merespons kemajuan teknologi, memungkinkan organisasi untuk meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Namun, di negara-negara berkembang, adopsi e-commerce menghadapi tantangan seperti infrastruktur teknologi, akses internet, dan rendahnya kepercayaan pelanggan. Social Commerce (S-commerce), yang mengintegrasikan elemen media sosial ke dalam platform e- commerce, menawarkan peluang bisnis baru, terutama di pasar berkembang seperti Indonesia, di mana platform seperti TikTok Shop telah mendapatkan popularitas besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menganalisis hubungan antara perceived technology, keamanan, perceived reputation, perceived risk, pengetahuan s-commerce, dan online repurchase behaviour sebelumnya terhadap online trust, serta dampak perceived technology dan prior online purchase experience terhadap online repurchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived technology dan perceived reputation memiliki pengaruh positif terhadap online trust, sementara perceived risk memiliki pengaruh negatif. Online trust secara signifikan memediasi hubungan antara perceived technology dan online repurchase intention, tetapi tidak memiliki pengaruh mediasi yang signifikan terhadap hubungan antara prior online purchase experience dan online repurchase intention. Penelitian ini menyoroti pentingnya online trust dalam memengaruhi perilaku pembelian konsumen pada platform s-commerce. Kepercayaan membantu mengurangi kekhawatiran konsumen tentang risiko dan keamanan data, sehingga mendorong partisipasi lebih besar dalam aktivitas online. Dalam temuan ini menunjukkan pentingnya dalam bisnis untuk fokus pada pembangunan dan pemeliharaan kepercayaan konsumen melalui transparansi, keamanan data, dan komunikasi yang efektif untuk memastikan kesuksesan jangka panjang di pasar digital yang sangat kompetitif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Social Commerce, Online Trust, Online Repurchase Intention, Perceived Technology, Concumer Behaviour, PLS-SEM. |
Subjects: | Magister Manajemen > E-Business |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 08:49 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 08:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |