Pengaruh Reputasi Merek, Kepuasan, Kepercayaan, Loyalitas, dan WOM Pelanggan terhadap Niat Menyekolahkan Kembali pada Sekolah Marsudirini

Purnomo, Indra (2025) Pengaruh Reputasi Merek, Kepuasan, Kepercayaan, Loyalitas, dan WOM Pelanggan terhadap Niat Menyekolahkan Kembali pada Sekolah Marsudirini. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Indra Purnomo)
235027841_Bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
235027841_Bab 1.pdf

Download (719kB)
[img] Text
235027841_Bab 2.pdf

Download (968kB)
[img] Text
235027841_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img] Text
235027841_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
235027841_Bab 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah Marsudirini Kota Salatiga menghadapi tantangan dalam mempertahankan kepercayaan dan loyalitas orang tua untuk menyekolahkan kembali anak mereka. Dalam konteks pendidikan, faktor-faktor seperti reputasi merek, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan Word of Mouth (WOM) pelanggan sangat penting untuk dipahami guna meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reputasi merek terhadap kepuasan, kepercayaan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan WOM pelanggan. Selain itu, penelitian ini menguji peran mediasi kepuasan dan kepercayaan pelanggan dalam hubungan antara reputasi merek dan variabel lainnya, serta mengidentifikasi pengaruh loyalitas pelanggan dan WOM pelanggan terhadap niat menyekolahkan kembali. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dari 245 responden yang merupakan orang tua siswa di Sekolah Marsudirini Kota Salatiga. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi merek secara signifikan memengaruhi kepuasan dan kepercayaan pelanggan, tetapi tidak memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan dan WOM pelanggan. Kepuasan pelanggan berperan sebagai mediator dalam hubungan reputasi merek dengan loyalitas pelanggan dan WOM pelanggan, sedangkan kepercayaan pelanggan tidak berperan sebagai mediator. Loyalitas pelanggan dan WOM pelanggan secara signifikan memengaruhi niat menyekolahkan kembali anak di Sekolah Marsudirini. Penelitian ini mempertegas pentingnya kepuasan pelanggan sebagai faktor kunci dalam membangun loyalitas dan WOM pelanggan, serta mendorong niat menyekolahkan kembali. Implikasi praktisnya adalah perlunya peningkatan strategi komunikasi, pelayanan, dan penguatan reputasi untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan mendorong loyalitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Reputasi Merek, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, WOM Pelanggan, Niat Menyekolahkan Kembali
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 10 Apr 2025 13:37
Last Modified: 10 Apr 2025 13:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33923

Actions (login required)

View Item View Item