Noviana, Natasya Dora and Toding, Putri Ayunitha Atta (2025) PERANCANGAN GEDUNG PERPUSTAKAAN 5 LANTAI DI KALIMANTAN TIMUR: PENDEKATAN TERINTEGRASI UNTUK STRUKTUR ATAS, STRUKTUR BAWAH, DAN MANAJEMEN BIAYA DAN WAKTU. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Natasya Dora Noviana dan Putri Ayunitha Atta Toding)
210218663_Bab 0.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text
210218663_Bab 1.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
210218663_Bab 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
210218663_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
![]() |
Text
210218663_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
210218663_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tugas akhir ini membahas perancangan infrastruktur bangunan perpustakaan di Kalimantan Timur, yang dirancang untuk mendukung aktivitas membaca, belajar, dan peminjaman buku. Bangunan ini memiliki total 5 lantai, sehingga membutuhkan perencanaan yang matang dalam aspek struktur dan pondasi guna menjamin keamanan, stabilitas, dan keberlanjutan konstruksi. Mengingat kondisi tanah di lokasi proyek berupa tanah lunak hingga kedalaman 18 meter, perancangan pondasi memanfaatkan tiang pancang sebagai elemen utama. Tanah lunak di lokasi proyek memiliki sifat dengan daya dukung yang rendah dan angka pori yang tinggi. Kondisi ini menyebabkan risiko penurunan tanah yang signifikan, terutama akibat beban bangunan bertingkat. Penurunan yang diantisipasi adalah penurunan konsolidasi, yang berlangsung secara perlahan seiring dengan disipasi tekanan air pori dalam tanah. Oleh karena itu, diperlukan analisis mendalam untuk memprediksi besar dan laju penurunan guna menjaga integritas struktur bangunan. Pondasi tiang pancang dipilih sebagai solusi terbaik untuk kondisi tanah lunak. Tiang pancang berfungsi mentransfer beban bangunan ke lapisan tanah keras yang berada pada kedalaman lebih dalam, di luar lapisan tanah lunak. Desain pondasi mencakup analisis daya dukung tiang, kedalaman penanaman, serta jumlah tiang yang dibutuhkan untuk menopang beban mati, beban hidup, dan beban lateral pada struktur bangunan. Proses perancangan meliputi beberapa tahap utama, yaitu studi awal dan karakterisasi tanah yang melibatkan pengujian lapangan seperti SPT (Standard Penetration Test) dan CPT (Cone Penetration Test) untuk mengetahui parameter tanah di lokasi proyek. Selanjutnya dilakukan perhitungan daya dukung tiang pancang dengan metode analitik dan empiris, dengan mempertimbangkan faktor keamanan terhadap kegagalan geser maupun lentur. Analisis penurunan konsolidasi menggunakan model matematis untuk memprediksi besar dan laju penurunan akibat pembebanan bangunan selama masa konstruksi dan operasional. Terakhir, dilakukan perancangan struktur pondasi yang meliputi perencanaan dimensi dan konfigurasi tiang pancang, serta evaluasi terhadap momen lentur, gaya geser, dan gaya aksial. Bangunan perpustakaan ini dirancang tidak hanya sebagai tempat untuk membaca dan belajar, tetapi juga untuk meningkatkan minat baca masyarakat setempat. Dengan fasilitas yang modern dan nyaman, perpustakaan ini diharapkan menjadi pusat kegiatan edukasi yang dapat menunjang pengembangan sumber daya manusia di Kalimantan Timur. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat memberikan solusi yang aman, ekonomis, dan berkelanjutan dalam pembangunan di kawasan dengan kondisi tanah lunak. Selain itu, penerapan pondasi tiang pancang pada bangunan bertingkat lima ini menjadi referensi penting bagi proyek-proyek infrastruktur serupa di masa depan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan struktur, manajemen biaya dan waktu, bangunan bertingkat, preliminary desain, pondasi dalam. |
Subjects: | Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Manajemen Konstruksi Sipil > Struktur Sipil > Struktur |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 12:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 12:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |