Simanjuntak, Calvin Jordan (2025) KREDIBILITAS AKUN @SOWANSUWUN SEBAGAI TRAVEL INFLUENCER MARKETING DALAM MEMPROMOSIKAN LAFAYETTE BOUTIQUE HOTEL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
![]() |
Text (Calvin Jordan Simanjuntak)
190906990_Bab 0.pdf Download (823kB) |
![]() |
Text
190906990_Bab 1.pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
190906990_Bab 2.pdf Download (800kB) |
![]() |
Text
190906990_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
![]() |
Text
190906990_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
Abstract
Influencer marketing telah menjadi strategi pemasaran yang signifikan, dengan investasi meningkat sebesar 13 juta dolar. Keadaan ini didorong dengan 90% pembeli mengikuti influencer online serta tingginya pengguna media sosial hingga 167 juta. Influencer memiliki peran membagikan informasi kepada audiens dan sebagai media promosi. Influencer dibagi menjadi kategori berdasarkan jumlah pengikut dan pengaruhnya yang dilihat melalui trustworthiness, expertise, similarity, dan attractiveness. Salah satunya adalah pada akun @sowansuwun yang melakukan review sebagai bentuk promosi Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta. Penelitian ini akan melihat melihat apakah dengan menggunakan influencer marketing dengan kredibilitas yang bukan berasal dari kalangan atau latar belakang selebriti, merupakan cara yang efektif dalam melakukan promosi. Teori yang digunakan adalah strategi pemasaran, influencer marketing, kredibilitas influencer dengan mengumpulkan 100 responden. Pengaruh kredibilitas travel influencer marketing dilihat melalui indikator trustworthiness, expertise, similarity, dan attractiveness. Penelitian akan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui melalui metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang sebagai sampel. Data yang terkumpul akan diolah dan dianalisis melalui SPSS 25 melalui berbagai tahapan mulai dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas influencer marketing memiliki peran penting dalam melakukan promosi seperti yang dilakukan akun @sowansuwun dalam mempromosikan Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta, jika dilihat melalui teori AIDA maka terdapat aksi pada tahap attention dan desire dengan adanya rasa yakin audiens untuk menginap di Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta dikarenakan audiens sadar dengan keberadaan hotel. Kredibilitas influencer marketing akun @sowansuwun dipercaya audiens karena kualitas konten hingga rasa kesamaan antara influencer dengan audiens.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas Influencer, Strategi Pemasaran, Promosi, Instagram |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 20 May 2025 10:18 |
Last Modified: | 20 May 2025 10:18 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/34063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |